Implementasi algoritma kriptografi hill 2-cipher dengan menggunakan bahasa pemrograman delphi / Tabah Maneswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi algoritma kriptografi hill 2-cipher dengan menggunakan bahasa pemrograman delphi / Tabah Maneswati

Maneswati, Tabah (2010) Implementasi algoritma kriptografi hill 2-cipher dengan menggunakan bahasa pemrograman delphi / Tabah Maneswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maneswati Tabah. 2009. Implementasi Algoritma Kriptografi Hill 2-Cipher dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Darmawan Satyananda S.T M.T dan (II) Mahmuddin Yunus S.Kom Kata Kunci Hill 2-Cipher keamanan data plaintext ciphertext enkripsi dekripsi Kemajuan teknologi berkembang sangat cepat. Namun tidak semua perkembangan tersebut memberikan dampak yang menguntungkan bagi dunia komunikasi. Penyadapan data merupakan hal yang paling ditakuti oleh pengguna jaringan komunikasi sehingga aspek keamanan dalam pertukaran informasi menjadi sangat penting. Untuk menjawab tuntutan tersebut salah satunya dengan menggunakan sistem kriptografi. Kriptografi adalah ilmu pengetahuan untuk menjaga keamanan informasi. Salah satu algoritma kriptografi adalah Hill 2-Cipher. Hill 2-Cipher termasuk dalam algoritma simetri dimana kunci yang digunakan untuk enkripsi sama kunci yang digunakan untuk dekripsi. Penyandian dengan Hill 2-Cipher dilakukan dengan memanfaatkan operasi modular matriks dengan ordo matriks yang dipakai adalah 2x2. Hill 2-Cipher juga merupakan algoritma kriptografi klasik yang digunakan orang sejak berabad-abad lalu sehingga mempunyai kelemahan. Teknik enkripsi dan dekripsi Hill 2-Cipher hanya bisa digunakan untuk huruf besar A-Z padahal pengkodean pada sistem komputer saat ini menggunakan kode ASCII yang tidak berupa huruf saja tetapi terdiri dari simbol-simbol karakter angka dan lain-lain sehingga penggunaan Hill 2-Cipher terbatas. Skripsi ini membahas mengenai pembuatan program enkripsi dan dekripsi file dengan algoritma Hill 2-Cipher menggunakan software Delphi yang memanfaatkan kode ASCII sebagai acuan untuk enkripsi dan dekripsinya. Fungsi kode ASCII dalam Hill 2-Ciphers adalah menampilkan nilai desimal dari setiap karakter dan sebaliknya. Karena kode ASCII memberikan lambang sebanyak 256 jenis karakter yang dimulai dari kode 0 hingga 255 jadi sistem modulo yang dipakai dalam penyandian adalah modulo 256. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan Hill 2-Cipher bisa diaplikasikan untuk pengkodean file. Kunci yang bisa digunakan untuk proses pengkodean hanya matriks yang determinannya relatif prima dengan 256. Secara umum lamanya waktu yang diperlukan untuk proses enkripsi dan dekripsi Hill 2-Cipher bergantung pada ukuran file. Semakin besar ukuran file maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk proses enkripsi dan dekripsi. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengunakan entri kunci yang berbeda tidak banyak mempengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengkodean Hill 2-Cipher.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16852

Actions (login required)

View Item View Item