Sistem informasi akademik SMA, SMK dan MAN di Kota Malang dengan aplikasi Web-Based GIS / Risky Risakota - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem informasi akademik SMA, SMK dan MAN di Kota Malang dengan aplikasi Web-Based GIS / Risky Risakota

Risakota, Risky (2009) Sistem informasi akademik SMA, SMK dan MAN di Kota Malang dengan aplikasi Web-Based GIS / Risky Risakota. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Web-based GIS dalam dunia pendidikan digunakan untuk menyajikan informasi pendidikan terkait peta digital dalam hal ini adalah lokasi sekolah yang bisa diakses melalui web. Asosiasi yang terkait dengan sekolah memerlukan data spasial untuk memetakan unsur-unsur lokasi sekolah terkait beserta informasi lainnya. Dengan menggunakan web-based GIS ini informasi akademik dapat dipublikasikan secara murah dan mudah serta dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Untuk membuat suatu sistem informasi data akademik SMU SMK MAN di kota Malang dengan aplikasi web-based GIS diperlukan data-data berupa peta yang mendeskripsikan letak sekolah serta data akademik sekolah. Dalam skripsi ini data letak sekolah-sekolah yang digunakan dalam pembuatan peta dasar diperoleh dari hasil survey secara langsung. Data akademik sekolah diperoleh dari Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) kota Malang yang terdiri dari nama sekolah alamat sekolah dan nomor telepon jumlah siswa diterima jumlah siswa lulus jumlah kelas jumlah guru dengan ijasah tertinggi dan nilai NEM rata-rata. Untuk menunjang data dari Diknas data dari internet dan brosur-brosur sekolah juga digunakan. Dalam pembuatan sistem informasi ini digunakan perangkat lunak GIS berbasis internet yaitu Mapserver for Windows (MS4W_1.5.5) serta untuk pendigitan peta digunakan ArcView 3.3. Implementasi program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman MapFile. Dalam skripsi ini dijelaskan langkah-langkah membuat sistem informasi akademik dengan aplikasi web-based GIS mulai dari menampilkan peta dasar skala legenda navigasi peta template peta dan query sederhana di dalam browsernya sehingga peta interaktif yang dihasilkan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dengan adanya sistem informasi akademik SMA SMK dan MAN di kota Malang ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai sekolah-sekolah yang ada di Malang sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi dan kualitas sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16834

Actions (login required)

View Item View Item