Program aplikasi untuk menentukan muhrim wali yang berhak menjadi wali nikah / Abdur Rosyid - Repositori Universitas Negeri Malang

Program aplikasi untuk menentukan muhrim wali yang berhak menjadi wali nikah / Abdur Rosyid

Rosyid, Abdur (2010) Program aplikasi untuk menentukan muhrim wali yang berhak menjadi wali nikah / Abdur Rosyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyid Abdur. 2009. Program Aplikasi Untuk Menentukan Muhrim Wali Yang Berhak Menjadi Wali Nikah. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Susiswo M. Si Pembimbing (II) Darmawan Satyananda S. T M. T. Kata kunci Penentuan wali nikah. Pola kehidupan praktis dan cepat serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang ilmu agama sering kali menyebabkan sebagian pola kehidupan masyarakat kurang terkendali atau kurang peduli dengan jalan yang benar atau salah menurut agama. Pada suatu kasus pernikahan seseorang yang masih mempunyai pola kehidupan praktis dan cepat salah satunya dapat dilihat pada penentuan wali nikah banyak kejadian dari masyarakat memilih wali hakim untuk memenuhi syarat pernikahannya. Untuk itu dalam menentukan wali nikah dari calon mempelai perempuan ini kami berikan sebuah program aplikasi untuk menentukan muhrim wali yang berhak menjadi wali nikah. Sejalan dengan kemajuan teknologi jaringan dan perkembangan internet memungkinkan penerapan teknologi ini di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan atau latihan. Pada saat ini penerapan teknologi internet di bidang pendidikan agama sangat dibutuhkan dalam rangka mutu pendidikan di bidang Agama Islam terutama di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Sehingga diperlukan solusi yang tepat dan cepat dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan pendidikan Agama Islam. Dengan adanya aplikasi untuk menentukan muhrim wali yang berhak menjadi wali nikah ini informasi mengenai wali nikah bagi masyarakat awam akan dapat diatasi karena semua yang diperlukan akan dapat disediakan secara online sehingga dapat diakses di manapun kapanpun dan oleh siapapun. Program penentuan wali nikah ini dibuat dengan menggunakan seperangkat komputer berprosesor Intel Pentium IV memori 512 MHz dengan kapasitas hardisk 80 GB. Software (perangkat lunak) yang digunakan meliputi software desain grafik Photoshop CS3 software desain web Macromedia Dreamweaver AppServer browser Internet Explorer dan bahasa pemrograman PHP. Hasil dari program penentuan wali nikah ini telah dilakukan validasi dari empat validator yaitu seorang petugas dari KUA seorang dosen Jurusan Matematika Seorang ustadz dan seorang mahasiswi. Dari keempat validator tersebut menghasilkan bahwa program ini adalah valid (95%). Dengan program ini kita dapat menentukan seorang wali nikah yang berhak menikahkan seorang calon mempelai wanita dari beberapa calon wali nikah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item