Pencairan solusi fisibel awal masalah transportasi dengan matriks bobot, algoritma greedy dan metode least cost / Anisa Nuratih Dwiwinarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pencairan solusi fisibel awal masalah transportasi dengan matriks bobot, algoritma greedy dan metode least cost / Anisa Nuratih Dwiwinarni

Dwiwinarni, Anisa Nuratih (2009) Pencairan solusi fisibel awal masalah transportasi dengan matriks bobot, algoritma greedy dan metode least cost / Anisa Nuratih Dwiwinarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai permasalahan yang dapat diselesaikan dengan memodelkannya dalam bahasa matematika. Ada dua cabang matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa masalah transportasi yaitu teori graph dan program linear. Masalah transportasi tersebut salah satunya adalah masalah pengiriman/pendistribusian barang hasil produksi dari beberapa sumber ke beberapa tujuan. Pada skripsi ini dibahas metode untuk memperoleh solusi fisibel awal masalah transportasi. Metode dari program linear yang digunakan adalah metode least cost. Untuk memperoleh metode pencarian solusi fisibel awal dengan teori graph maka masalah transportasi dimodelkan dalam bentuk digraph bipartisi komplit dengan bobot titik dan bobot sisi. Bobot titik sumber menggambarkan kapasitas barang yang diproduksi bobot titik tujuan adalah kapasitas barang yang harus dipenuhi dan bobot sisi adalah biaya transportasi per unit barang. Ada dua metode dari teori graph yang digunakan untuk mencari solusi fisibel awal masalah transportasi yaitu metode matriks bobot dan metode greedy. Metode matriks bobot dan metode greedy akan diterapkan pada tiga contoh kasus masalah transportasi. Sedangkan metode least cost digunakan sebagai pembanding. Hasil yang diperoleh dari metode greedy pada kasus total bobot sumber sama dengan bobot tujuan lebih kecil daripada hasil dari metode matriks bobot. Pada kasus total bobot sumber lebih dari bobot tujuan hasil dari metode greedy juga lebih kecil. Sedangkan pada kasus total bobot sumber kurang dari bobot tujuan metode matriks bobot memberikan hasil yang minimum. Hasil yang diperoleh metode least cost sama dengan hasil dari metode matriks bobot karena prinsip pemilihan sisi pada metode matriks bobot sama dengan pada metode least cost. Selanjutnya dua metode dari teori graph diterapkan pada masalah transportasi pengiriman batako dari CV Indah Cemerlang produsen batako dengan kasus total bobot sumber lebih dari total bobot tujuan. Solusi fisibel awal yang diperoleh metode matriks bobot Rp 209.000 - sedangkan dengan metode greedy diperoleh solusi Rp 210.600 - . Meskipun solusi fisibel awal yang diperoleh tidak selalu sama untuk setiap kasus masalah transportasi tetapi tidak mempengaruhi solusi optimumnya sehingga hasil uji optimum tetap sama. Pada penyelesaian solusi fisibel awal masalah transportasi selain metode least cost yang sudah umum digunakan metode matriks bobot dan metode greedy dapat digunakan sebagai alternative untuk mencari solusi fisibel awal masalah transportasi. Sebelum diuji keoptimumannya solusi-solusi fisibel awal yang diperoleh dimodelkan dalam bentuk tabel masalah transportasi lalu duji dengan metode stepping stone dan metode modi. Uji optimum dengan alat bantu program menggunakan program POM dan program WINQSB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16818

Actions (login required)

View Item View Item