Penerapan pembelajaran realistik untuk konsep sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Nurah Saudia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran realistik untuk konsep sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Nurah Saudia

Nurah Saudia (2008) Penerapan pembelajaran realistik untuk konsep sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Nurah Saudia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai penelitian yang ada dan berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa pemahaman siswa terhadap konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) masih rendah. Hal ini juga terjadi pada siswa SMP Negeri 4 Malang. Di SMP Negeri 4 Malang diketahui bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan Pembelajaran Matematika realistik (PMR ) pada materi SPLDV. Pembelajaran ini siswa dilibatkan secara aktif untuk menemukan sendiri konsep matematika melalui pemberian masalah kontekstual. Tujuan penelitian adalah untuk (1) mengkaji penerapan metode PMR pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang terhadap konsep SPLDV (2) mengetahui respon siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang terhadap pembelajaran SPLDV dengan PMR. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Malang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D semester gasal tahun ajaran 2007 / 2008. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal tahap inti tahap akhir. Penelitian melalui 2 siklus dan 2 pertemuan yang tiap pertemuan berlangsung 2 x 40 menit. Pertemuan 1 mempelajari PLDV pertemuan 2 mempelajari SPLDV. Setiap akhir pertemuan dilaksanakan kuis dan setelah keseluruhan kegiatan pembelajaran dilakukan tes akhir. Angket respon siswa terhadap PMR diberikan kepada siswa setelah tes akhir dan selanjutnya diadakan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) penerapan PMR dengan karakter utama matematika realistik dapat melibatkan siswa secara aktif dalam memahami dan mempelajari konsep SPLDV dengan PMR (2) siswa merasa senang dengan model PMR dengan materi SPLDV. Berdasarkan kesimpulan disarankan agar guru matematika mengajarkan materi SPLDV melalui PMR sebagai suatu alternatif dan menerapkan PMR pada pembelajaran topik yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16800

Actions (login required)

View Item View Item