Thaharah, Aditya Rendy (2011) Pengembangan media video tutorial interaktif berbasis WEB pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA Laboratorium UM Malang / Aditya Rendy Thaharah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan Video Tutorial Interaktif Web TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki dua aspek yakni Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Dalam Teknologi Informasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses hasil manipulasi penggunaan alat bantu dan penyampaian informasi. Pada Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berhubungan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang tidak akan pernah terlepas dari teknologi. Karena teknologi berkembang terus-menerus di dalam pendidikan. Teknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan. Berdasarkan observasi di SMA Laboratorium UM Malang metode dan materi telah berkembang pesat dengan acuan Departemen Pendidikan Nasional. Salah satu mata pelajaran yang sedang berkembang adalah Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Mata pelajaran tersebut mempunyai materi-materi yang lengkap dengan metode mengajarnya. Namun pada SMA Laboratorium UM tersebut mata pelajaran TIK masih diajarkan dengan metode tradisional yaitu dengan menggunakan buku ajar. Dengan ini pengembang mengembangkan sebuah media yang berfungsi untuk media pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Laboratorium UM Malang tersebut. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial interaktif berbasis web yang telah melalui validasi pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Laboratorium UM Malang kelas XI/I. Video Tutorial Interaktif berbasis Web ini mempunyai kelebihan dan kelemahan yaitu (1) dapat di gunakan secara individu sehingga siswa lebih leluasa dalam memanfaatkan pengerjaannya (2) tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan media ini (3) web yang menjadi jembatan video tutorial interaktif bersifat dinamis dapat diubah dan dikelola sesuai kebutuhan dan dapat digunakan secara berulang (4) dilengkapi materi-materi dan informasi tentang pelajaran materi desain grafis (5) mampu menampilkan video tutorial secara step by step (langkah per langkah) dengan cara siswa dapat menekan tombol next dan back di dalam video untuk menjalankan ke sesi berikutnya atau sebelumnya. Sedangkan kelemahan dari media ini adalah (1) dibutuhkan pembuatan ulang saat materi pada buku ajar TIK acuan SMA Laboraturium UM Malang kelas XI/I berubah (2) hanya dapat digunakan secara individual tidak dalam bentuk kelompok (3) kualitas grafis video sedikit lemah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pre test dan post test pengembangan video tutorial interaktif berbasis web kepada ahli media dan ahli materi kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan video tutorial interaktif berbasis web. Hasil pengembangan video tutorial interaktif untuk mata pelajaran TIK di SMA Laboratorium UM Malang ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 90 3% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 73% uji responden sebagai calon user (siswa) perseorangan mencapai tingkat kevalidan 85 8% uji responden sebagai calon user (siswa) kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 70 1% dan uji responden sebagai calon user (siswa) uji lapangan mencapai tingkat kevalidan 72%. Disamping itu nilai peningkatan hasil belajar siswa pada uji coba perseorangan mencapai 60% uji coba kelompok kecil mencapai 55% dan uji coba lapangan mencapai 51%. Berdasarkan hasil pengembangan telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa video tutorial interaktif berbasis web untuk mata pelajaran TIK di SMA Laboratorium UM Malang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |