Sintesis nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse / Tiara Ria Eva Veronika - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse / Tiara Ria Eva Veronika

Veronika, Tiara Ria Eva (2020) Sintesis nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse / Tiara Ria Eva Veronika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nanopartikel perak memiliki potensi aplikasi yang sangat luas yakni sebagai katalis detektor optik zat pelapis permukaan dan agen antibakteri. Namun secara alami nanopartikel perak mengalami agregasi yang dapat menurunkan potensi aplikasinya. Upaya untuk menghindari agregasi dilakukan dengan cara mengkompositkan nanopartikel perak ke dalam material matriks silika aerogel. Silika aerogel dapat dipreparasi dari abu bagasse sebagai sumber silika dan disintesis melalui metode sol-gel. Silika aerogel yang telah terbentuk kemudian dikompositkan dengan logam perak menggunakan metode lelehan garam pada variasi waktu pemanasan 5 10 20 dan 30 menit. Temperatur pemanasan yang digunakan di atas titik leleh garam AgNO3 yakni pada 300oC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi waktu pemanasan terhadap keberhasilan dan karakteristik nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse. Penelitian ini dilakukan 4 tahapan antara lain 1) Ekstraksi silika dari abu bagasse 2) Sintesis silika aerogel menggunakan metode sol-gel 3) Sintesis nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse dan 4) Karakterisasi menggunakan FT-IR untuk mengetahui gugus fungsi identik yang terdapat di dalam silika aerogel dan nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse XRF untuk mengetahui komposisi unsur dan oksida dari suatu material XRD digunakan untuk mengetahui fase amorf dan kristanilitas suatu material dan SEM-EDX untuk mengetahui morfologi ukuran partikel komposisi unsur dan elemental mapping suatu material. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse berhasil disintesis pada variasi waktu pemanasan 5 10 20 dan 30 menit. Keberhasilan sintesis didukung melalui karakterisasi FT-IR yang menunjukkan gugus identik silika aerogel yakni silanol siloksan dan silana. Keberhasilan sintesis juga didukung melalui karakterisasi XRF dan EDX karena terdapat kandungan unsur perak yang terkompositkan pada variasi waktu pemanasan 5 hingga 30 menit dan perbedaan persentase massa nanopartikel perak yang terkompositkan tidak berubah signifikan. Selain itu juga didukung melalui karakterisasi XRD yang menunjukkan puncak khas nanopartikel perak pada 2 theta sekitar 38-81 ordm yang sama dengan standar perak JCPDS No 96-110-0137. Karakteristik nanokomposit Ag-silika aerogel berbasis abu bagasse pada variasi waktu pemanasan 5 10 20 dan 30 menit diperoleh serbuk berwarna abu-abu kecokelatan. Melalui karakterisasi SEM pada saat pemanasan 5 dan 30 menit diperoleh bentuk morfologi berupa gerombolan bulat yang lebih rapat dan seragam serta diameter rata-rata partikel mengalami peningkatan yakni 61 68 dan 83 2 nm. Persebaran nanopartikel perak di dalam matriks silika aerogel pada variasi waktu pemanasan 5 dan 30 menit kurang homogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/167956

Actions (login required)

View Item View Item