Sintesis nanopartikel MgO/CoFe2O4 dengan metode kopresipitasi dan karakterisasinya / Yusna Iin Frantina - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis nanopartikel MgO/CoFe2O4 dengan metode kopresipitasi dan karakterisasinya / Yusna Iin Frantina

Frantina, Yusna Iin (2020) Sintesis nanopartikel MgO/CoFe2O4 dengan metode kopresipitasi dan karakterisasinya / Yusna Iin Frantina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pengembangan nanomaterial magnetik sebagai upaya untuk mendapatkan katalis yang renewable dalam mengatasi krisis energi. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis nanopartikel MgO/CoFe2O4 dengan metode kopresipitasi dan mengkarakterisasinya. Sinergi antara MgO dan CoFe2O4 sebagai MgO/CoFe2O4 diharapkan menghasilkan katalis dengan karakter yang dapat diunggulkan dalam produksi biodiesel. Tahapan penelitian ini adalah (1) sintesis nanopartikel MgO dari garam kloridanya (2) karakterisasi hasil sintesis meliputi kristalinitas dengan X-Ray Diffaction (XRD) dan morfologi material dengan Scanning Electron Microscopy (SEM) (3) sintesis CoFe2O4 dari garam kloridanya (4) karakterisasi hasil sintesis meliputi kristalinitas dengan XRD dan morfologi material dengan SEM (5) impregnasi nanopartikel MgO pada permukaan CoFe2O4 membentuk MgO/CoFe2O4 (6) karakterisasi hasil sintesis dengan XRD Scanning Electron Microscopy-Energy Dispersive X-Ray (SEM-EDX). Hasil analisis sampel menggunakan XRD menunjukkan bahwa nanopartikel MgO/CoFe2O4 berhasil disintesis dengan nilai 2 theta dari nanopartikel penyusunnya sesuai dengan puncak pada Joint Committee on Powder Diffraction Standards (JCPDS) Card No.89-7746 untuk MgO dan No. 22-1086 untuk CoFe2O4. Hasil analisis sampel menggunakan SEM-EDX menunjukkan bertambahnya ukuran partikel hasil impregnasi dan sesuainya komponen material yang menunjukkan keberhasilan sintesis nanopartikel MgO/CoFe2O4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/167951

Actions (login required)

View Item View Item