sintesis dan uji cao/fe3o4 sebagai katalis reaksi transesterifikasi pada minyak biji kapuk / ega silvia lutviana - Repositori Universitas Negeri Malang

sintesis dan uji cao/fe3o4 sebagai katalis reaksi transesterifikasi pada minyak biji kapuk / ega silvia lutviana

Lutviana, Ega Silvia Lutviana (2021) sintesis dan uji cao/fe3o4 sebagai katalis reaksi transesterifikasi pada minyak biji kapuk / ega silvia lutviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dalam bidang pengembangan energi terbarukan menjadi topik menarik beberapa tahun terakhir. Pengembangan biodiesel dapat dilakukan melalui eksplorasi bahan baku serta pengembangan katalis untuk memproduksi biodiesel. Upaya eksplorasi bahan baku biodiesel di negeri ini didukung oleh melimpahnya sumber daya alam baik hewani maupun nabati. Penelitian ini berupaya mendapatkan katalis unggul dan renewable dalam reaksi transesterifikasi. Penelitian ini bertujuan menyintesis CaO/Fe3O4 dengan metode impregnasi kemudian mengarakterisasinya dan melakukan uji potensi sebagai katalis melalui reaksi transesterifikasi pada minyak biji kapuk. Penelitian ini dilakukan melalui 6 tahap. Tahap (1) sintesis CaO melalui proses dekomposisi termal CaCO3 (2) sintesis Fe3O4 dengan metode kopresipitasi (3) sintesis CaO/Fe3O4 dengan variasi rasio molar 6 1 dan 7 1 (4) karakterisasi hasil sintesis dengan instrumen X-Ray Diffraction (XRD) (5) uji potensi katalis pada reaksi transesterifikasi minyak biji kapuk (6) identifikasi produk transesterifikasi dan penentuan rendemen FAME. Hasil penelitian menunjukkan CaO/Fe3O4 berhasil disintesis dengan metode impregnasi. Hal itu dibuktikan dari analisis XRD yang menunjukkan kesesuaian antara difraktogram CaO/Fe3O4 dengan Crystallography Open Database untuk kalsium oksida (COD 1000044) dan magnetit (COD 1010369). Produk biodiesel dengan bantuan katalis CaO/Fe3O4 dengan perbandingan mol 7 1 dan dengan rasio mol minyak metanol 1 15 menghasilkan yield FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sebesar 66 79% dengan kualitas sesuai dengan standar biodiesel Indonesia (SNI 7182-2015).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/167917

Actions (login required)

View Item View Item