pembuatan zno/zeolit alam dari desa sumbermanjing wetan, kabupaten malang / mishbahul lail kadam - Repositori Universitas Negeri Malang

pembuatan zno/zeolit alam dari desa sumbermanjing wetan, kabupaten malang / mishbahul lail kadam

Mishbahul Lail Kadam (2021) pembuatan zno/zeolit alam dari desa sumbermanjing wetan, kabupaten malang / mishbahul lail kadam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak. Seiring berkembangnya zamansemakin banyak industri yang berkembang untuk membantu kemudahan hidup manusiaseperti contohdalam bidang makanan kosmetik minuman dan lain lain. Adanya industri yang semakin banyak ini memberikan dampak positif dan negatif dampak positif diantaranya adalah semakin mudahnya manusia mendapatkan jaminan dari produk produk industri yang telah berkembang dampak negatif diantaranya adalah banyaknya limbah yang dihasilkan.Salah satu limbah yang dihasilkan adalah limbah cair yang berbahaya bagi manusia oleh karenanya perlu dilakukanwater treatmentuntuk mengolah air dari tidak layak pakai menjadi layak pakai.Dengan proses ini diharapkan limbah cair tidak lagi berbahaya bagi lingkungan dan manusia.Proses water treatment membutuhkan adsorben untuk mengadsorbsi polutan berbahaya dalam air. Salah satu kandidat adsorben adalah Zeolit. Zeolit dijadikan kandidat sebagai adsorben untuk logam-logam berat karena zeolit memiliki pori kosong yang dapat diisi dengan ZnO agar dapat mengadsorbsi polutan berbahaya. Zeolit yang digunakan adalah zeolit alam dari Desa Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Dilakukan 2 metode utama untuk proses sintesis adsorben yaitu adalah Proses aktivasi Zeolit dan proseskompositZnO/Zeolit dengan metode lelehan garam. Proses aktivasi zeolitdari Desa Sumbermanjingwetan dilakukan dengan menggunakan NaOH. Kemudian zeolit teraktivasidikompositkandengan ZnOdengan menggunakan metode lelehan garam menggunakan prekursorZnCl2. Hasil karakterisasi yang dibandingkan dengan standart menunjukkan hilangnya puncak SiO2pada sampel zeolite yang menunjukkan zeolite telah aktif karakterisasi menggunakan XRD juga menunjukkan munculnya puncak ZnO pada sampel dan hilangnya puncak ZnCl2pada sampel yang menunjukkan bahwa ZnO telah terkomposit dengan Zeolit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/167914

Actions (login required)

View Item View Item