Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pokok bahasan volume balok untuk sekolah dasar kelas V semester 1 / Ria Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pokok bahasan volume balok untuk sekolah dasar kelas V semester 1 / Ria Kurniawati

Ria Kurniawati (2009) Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pokok bahasan volume balok untuk sekolah dasar kelas V semester 1 / Ria Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika sering menjadi pelajaran yang menakutkan bagi para siswa. Oleh karena itu pembelajaran matematika harus didesain sedemikian rupa sehingga memberi kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkan kemampuan yang telah mereka miliki agar mencapai titik maksimum dari kemampuannya. Media pembelajaran matematika berbantuan komputer pokok bahasan volume balok dapat dijadikan salah satu media dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika SD. Media pembelajaran ini juga didesain agar dapat digunakan langsung oleh siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model pengembangan media pembelajaran ini melalui beberapa tahap yaitu (1) tahap identifikasi kebutuhan materi dan media (2) tahap perancangan media pembelajaran yang terdiri dari persiapan pelaksanaan dan editing (3) tahap produksi media pembelajaran (4) tahap validasi yang terdiri atas dua tahap uji coba yaitu uji coba perseorangan yang terdiri dari dua subjek validasi yaitu ahli media dan ahli materi serta uji kelompok kecil yang melibatkan audiens dan (5) tahap revisi. Uji validasi yang dilakukan dalam dua tahapan yaitu uji perseorangan dengan dua subjek validasi yang terdiri dari satu orang ahli media satu orang ahli materi serta uji kelompok kecil dengan melibatkan audiens yang terdiri atas 8 subjek validasi. Instrumen validasi yang digunakan berupa angket tertutup berbentuk chek list yang disertai dengan komentar saran dan rekomendasi. Data diolah dengan teknik deskriptif persentase dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase. Hasil pengembangan media pembelajaran matematika SD ini memenuhi kriteria valid dari ahli media ahli materi dan audiens sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan pembuatan dan pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer lebih lanjut baik untuk materi-materi yang lain maupun untuk perbaikan media-media yang sudah ada. Adapun pembuatannya sebaiknya juga memperhatikan kelemahan-kelemahan berbagai media pembelajaran berbantuan komputer yang telah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16787

Actions (login required)

View Item View Item