Kajian analisis pengelompokan susu formula balita berdasarkan komponen gizi dan harga jual (studi kasus pada Hypermart Malang Town Square) / Alfi Utami

Alfi Utami (2009) Kajian analisis pengelompokan susu formula balita berdasarkan komponen gizi dan harga jual (studi kasus pada Hypermart Malang Town Square) / Alfi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsumsi susu formula balita sangat beragam di masyarakat. Untuk itu perlu adanya pengetahuan untuk memilih produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau. Karena harga susu formula belum tentu sesuai dengan kualitas dari komposisi gizi susu tersebut. Pada penelitian ini sampel yang dijadikan obyek penelitian adalah 23 merk dagang susu formula balita kemasan 400 gram. Variabel yang diukur adalah komponen gizi dan harga jual dari sampel yang diambil. Komposisi gizi berupa energi, protein, lemak, asam linoleat, asam linolenat, karbohidrat, frukto oliga sakarida (FOS), vitamin A, vitamin D, vitamin D3, vitamin E, vitamin K, vitamin K1, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, biotin, choline, niasin, taurin, inositol, asam folat, asam pantotenat, natrium, kalium, chlorida, kalsium, fosfor, magnesium, besi, iodium, tembaga, seng, mangan, abu, laktoferin, laktulosa dan DHA. Analisis pengelompokan adalah cara untuk mengelompokkan sampel 23 merk dagang susu formula balita berdasarkan kesamaan karakteristik atau variabel-variabel diantara sampel-sampel tersebut. Jadi sampel yang dikelompokkan harus mempunyai lebih dari 2 karakteristik. Metode yang digunakan adalah metode hierarki karena belum diketahui kelompok yang diinginkan. Sedangkan penghitungan dilakukan dengan metode pautan lengkap dan metode pautan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis pengelompokan menunjukkan bahwa untuk mendapatkan susu formula yang mempunyai komponen gizi cukup seimbang dengan harga yang cukup terjangkau di bawah rata-rata dengan menggunakan metode hierarki diperoleh Sustagen Junior, Dancow 1+ dan Procal. Dan jenis susu yang paling murah dari ketiga susu tersebut adalah Dancow 1+.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16781

Actions (login required)

View Item View Item