Penerapan program linier fuzzy pada pengoptimalan bahan baku berdasarkan estimasi produksi / Sugeng Suprayogi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan program linier fuzzy pada pengoptimalan bahan baku berdasarkan estimasi produksi / Sugeng Suprayogi

Sugeng Suprayogi (2007) Penerapan program linier fuzzy pada pengoptimalan bahan baku berdasarkan estimasi produksi / Sugeng Suprayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprayogi Sugeng. 2007. Penerapan Program Linier Fuzzy pada Pengoptimalan Bahan Baku Berdasarkan Estimasi Produksi. Skripsi Program Studi Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susy Kuspambudi Andaini M.Kom (II) Mohamad Yasin S.Kom M.Kom. Kata Kunci ketidakpastian jumlah produksi jumlah bahan baku logika fuzzy program linier fuzzy. Dalam masalah pengoptimalan produksi seperti menentukan jumlah menentukan jumlah bahan baku yang minimal seringkali muncul permasalahan yang mengandung ketidakpastian. Penentuan jumlah bahan baku dipengaruhi oleh jumlah produksi yang optimal. Logika fuzzy merupakan metode untuk menentukan jumlah produksi yang optimal karena adanya faktor ketidakpastian. Program linier fuzzy merupakan metode untuk menentukan jumlah bahan baku yang minimal untuk memenuhi target produksi karena adanya faktor ketidakpastian. Pada penelitian ini digunakan logika fuzzy model Mamdani untuk menentukan jumlah produksi dari 4 jenis produk yaitu Bakery Spiku Pastry dan Roll Tart yang optimal. Perancangan sistem logika fuzzy untuk menentukan jumlah produk yang optimal dilakukan dalam tahap-tahap (a) pembentukan himpunan fuzzy (fuzzifikasi) (b) membentuk aturan-aturan (c) aplikasi fungsi implikasi (d) penegasan (defuzzifikasi). Untuk menentukan jumlah bahan baku yang minimal dari jumlah produksi yang optimal digunakan teknik program linier fuzzy dengan koefisien teknologis (pengalaman hasil produksi tiap-tiap bahan) fuzzy. Perancangan teknik program linier fuzzy dilakukan dalam tahap-tahap (a) fuzzifikasi koefisien teknologis (b) memodelkan masalah ke bentuk program linier fuzzy (c) fuzzifikasi fungsi tujuan (d) defuzzifikasi (e) penerapan algoritma Decision Method. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji statistik untuk membandingkan hasil penentuan jumlah bahan menggunakan teknik program linier fuzzy dengan input hasil optimasi jumlah produksi dengan logika fuzzy yang juga telah diuji dengan uji statistik dan hasilnya lebih optimal dapat disimpulkan bahwa metode penentuan jumlah bahan baku dengan program linier fuzzy lebih minimal dibandingkan dengan penentuan bahan baku dengan metode perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16779

Actions (login required)

View Item View Item