Penerapan problem based learning (PBL) pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP / Anita Dwi Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning (PBL) pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP / Anita Dwi Kurniawati

Anita Dwi Kurniawati (2009) Penerapan problem based learning (PBL) pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP / Anita Dwi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan guna memenuhi tujuan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) di mana dalam PBL pembelajaran dipusatkan pada siswa dengan melalui pemberian masalah di awal pembelajaran yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis kreatif dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan adanya pengorganisasian siswa untuk belajar melakukan penyelidikan dan diakhiri dengan penyajian hasil karya serta pengevaluasian proses pemecahan masalah. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) untuk melihat aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang pada materi lingkaran. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbingnya dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi. Berdasarkan penelitian untuk aspek pemahaman konsep banyaknya siswa yang tuntas pada sub pokok bahasan sifat-sifat garis singgung lingkaran adalah 97% sedangkan pada sub pokok bahasan menghitung panjang garis singgung lingkaran 84 1%. Untuk aspek penalaran dan komunikasi banyaknya siswa yang tuntas pada sub pokok bahasan sifat-sifat garis singgung lingkaran adalah 79 6% sedangkan pada sub pokok bahasan menghitung panjang garis singgung lingkaran 75%. Untuk aspek pemecahan masalah banyaknya siswa yang tuntas pada sub pokok bahasan sifat-sifat garis singgung lingkaran adalah 86 4% sedangkan pada sub pokok bahasan menghitung panjang garis singgung lingkaran 77 3%. Menurut ketuntasan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBL berhasil. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa yang masuk dalam kategori baik serta hasil wawancara dan angket siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang dan memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16778

Actions (login required)

View Item View Item