Analisis kemampuan number sense siswa kelas V SDN 01 Punten Batu / Himatul Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan number sense siswa kelas V SDN 01 Punten Batu / Himatul Ulfa

Himatul Ulfa (2009) Analisis kemampuan number sense siswa kelas V SDN 01 Punten Batu / Himatul Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran matematika perlu dilakukan mulai dari tingkat sekolah dasar. Salah satu materi yang penting untuk dikembangkan adalah konsep bilangan. Hal itu diperlukan karena dapat membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman terhadap materi bilangan dengan lebih baik. Dengan menganalisis kemampuan number sense siswa kita dapat mengetahui perkembangan cara berpikir siswa strategi yang digunakan dan kesalahkonsepan yang dialami siswa. Dengan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan number sense siswa termasuk di dalamnya adalah siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN 01 Punten Batu dan diharapkan dapat digunakan sebagai refleksi terhadap pembelajaran materi bilangan yang telah dilakukan. Adapun kemampuan number sense yang diteliti antara lain 1) Konsep bilangan yaitu kemampuan mengurutkan lambang bilangan kemampuan merepresentasikan bilangan dan kemampuan memahami efek operasi yang menggunakan tanda - x dan 2) Nilai tempat yaitu kemampuan memahami nilai suatu angka pada suatu bilangan dilihat dari posisinya dan kemampuan memanipulasi bilangan untuk memungkinkan terjadinya mencongak atau perkiraan dan 3) Estimasi yaitu kemampuan menentukan kapan suatu situasi menuntut diberikannya bilangan eksak dan kapan hanya merupakan pendekatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan number sense siswa masih rendah pada tiap kategori yang diteliti. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata skor siswa adalah 79 yaitu 32 6% dari skor total serta hasil wawancara yang menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan dalam pemahaman konsep dan prosedur dalam perhitungan. Selain itu hasil lain yang yang ditemukan pada penelitian ini adalah rata-rata skor siswa laki-laki adalah 65 1 (26 9%) dan rata-rata skor siswa perempuan adalah 98 5 (40 7%). Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa laki-laki lebih menyukai hal yang berkaitan dengan analisis dan penalaran serta strategi yang digunakan adalah strategi yang tidak diajarkan oleh guru. Sebaliknya siswa perempuan lebih sering menggunakan perhitungan yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut pada kategori-kategori yang lain dengan pengamatan lebih mendalam pada siswa sehingga dapat diketahui kemampuan number sense siswa dengan lebih mendalam. ABSTRACT Ulfa Himatul. 2007. Number Sense Ability Analysis of Fifth Grade of Elementary School. Thesis. Mathematics Department. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Malang. Advisor (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A Advisor (II) Indriati Nurul Hidayah S.Pd. M.Si Key Words Analysis Number Sense Learning quality of mathematics should be developed from primary school. One of the essential materials that should be developed is number concepts. It is needed because this concepts can help the students comprehend number concepts better. By analyzing the student s ability of number sense we can describe the improvement of natural student s thinking strategy used and misunderstanding experienced by students. By this opinion the research purpose is to describe student s number sense ability include both male and female of fifth grade of SDN 01 Punten Batu and this can be used as a reflection to number concepts learned that has been done. Number sense ability that are examined include 1. Number concepts the ability of ordering numbers symbol the ability to represent fractions and decimals on number line and plane and the ability in understanding operation effects which use symbol - and . 2. Place value the ability in understanding value of symbol on a number from the position and the ability to manipulate numbers for estimating possibility. 3. Estimation the ability to decide when a situation need exact answer and when it is only an approach. This research use quantitative and qualitative approach. It uses test and interview as the instrument. The result of research shows that students s number sense ability is still low on each category. This shown by students average score which is 79 (32 6% from totaly score) the result of interview shows that there are wrong concepts and procedures in calculation. Besides result found in the research are boys average score 65 1 (26 9%) and girls average score is 98 5 (40 7%). From the interview boys like to deal with analysis and reasoning and they use the strategy that is thaught by teacher. In contrary for girls they use calculation taught by the teacher more. Based on the research we suggest to do deeper research on other categories with thorough observation on the students so that we know student s number sense ability deeper.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item View Item