Eddy Marianus DJ (2009) Implementasi analisis lintasan (path analysis) terhadap bangkitan pergerakan keluarga di perumahan pinggiran barat Malang / Eddy Marianus DJ. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perumahan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi selain kebutuhan akan sandang dan pangan. Dengan berkembangnya pembangunan perumahan cenderung memberi pengaruh negatif dalam bidang transportasi kota yang akan mengakibatkan terjadi pergerakan yang umumnya menuju pusat kota atau kawasan pusat kegiatan. Pola perjalanan suatu kota umumnya terbentuk dari perjalanan yang berasal dari zona-zona pemukiman menuju kawasan Central Business District (DBD) atau kawasan pusat kegiatan di tengah kota (DBD) karena pusat perkotaan terdapat fasilitas-fasilitas yang mendukung antara lain tempat perkantoran pendidikan perdagangan perbelanjaan industri pelayanan kesehatan dan lain-lain. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut tentu saja dapat menarik perjalanan yang berasal dari zona-zona perumahan yang berada di pinggiran kota. Bangkitan pergerakan adalah banyaknya pergerakan (lalu lintas) yang ditimbulkan oleh suatu zona atau daerah persatuan waktu. Bangkitan pergerakan terjadi karena adanya proses pemenuhan kebutuhan yang harus dilakukan setiap hari. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya bangkitan pergerakan tetapi hanya beberapa faktor yang mempunyai pengaruh yang kuat. Hal ini juga terjadi di kota Malang yang warga pinggiran sangat bergantung pada pusat kota untuk pemenuhan kebutuhan hidup Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah jumlah anggota keluarga jumlah anggota keluarga yang sekolah jumlah anggota keluarga yang bekerja jumlah pendapatan dan jumlah kendaraan. Sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh langsung terhadap terjadinya bangkitan pergerakan dilakukan analisis lintasan. Berdasarkan analisis lintasan diketahui bahwa faktor-faktor yang berpengaruh langsung terhadap terjadinya bangkitan pergerakan adalah jumlah anggota keluarga dan jumlah kendaraan yang dimiliki. Pengaruh langsung jumlah anggota keluarga terhadap bangkitan pergerakan (jumlah pergerakan) adalah sebesar 0.576 yang dapat diinterpretasikan bahwa setiap kenaikan satu simpangan baku dalam nilai jumlah anggota keluarga akan meningkatkan jumlah pergerakan sebesar 0.576 simpangan baku. Demikian pula untuk faktor jumlah kendaraan yang dimiliki yang mempunyai pengaruh sebesar 0.561. Sedangkan faktor-faktor lain seperti jumlah pendapatan jumlah anggota keluarga yang bekerja dan jumlah anggota keluarga yang sekolah mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap terjadinya bangkitan pergerakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16776 |
Actions (login required)
View Item |