Emilda Tresilia Manggarani (2009) Penerapan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan model STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen / Emilda Tresilia Manggarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar matematika sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari dalam dan luar diri siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa salah satunya adalah pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Penerapan pola PBMP dalam proses pembelajaran dapat digabung dengan beberapa model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana penerapan pola PBMP dengan model STAD pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen (ii) Apakah penerapan pola PBMP dengan model STAD pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen dapat meningkatkan keaktifan siswa (iii) Apakah penerapan pola PBMP dengan model STAD pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen dapat meningkatkan hasil belajar siswa Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2005/ 2006 dari 26 April sampai dengan 24 Mei 2006. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek peneliti adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan PBMP dengan model STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen. Peningkatan keaktifan siswa terbukti dengan adanya peningkatan frekuensi bertanya dan menjawab/ mengeluarkan pendapat. Frekuensi bertanya meningkat sebesar 7% dan frekuensi menjawab/ mengeluarkan pendapat meningkat sebesar 9 47%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa terbukti dengan adanya peningkatan nilai tes dari siklus I ke siklus II sebesar 2 07. Berdasarkan temuan penelitian maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui pola PBMP dengan model STAD mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk menerapkan team teaching dalam proses pembelajaran yang menggunakan diskusi kelompok. Selain itu guru harus terampil dalam mengalokasikan waktu dan memotivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16766 |
Actions (login required)
View Item |