Pengembangan perangkat ajar teorema Pythagoras mengacu pada realistic mathematics education (RME) di SMP kelas VIII semester I / Elisa Dewi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat ajar teorema Pythagoras mengacu pada realistic mathematics education (RME) di SMP kelas VIII semester I / Elisa Dewi Puspitasari

Elisa Dewi Puspitasari (2009) Pengembangan perangkat ajar teorema Pythagoras mengacu pada realistic mathematics education (RME) di SMP kelas VIII semester I / Elisa Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika yang kering dan kurang disertai pemahaman yang mendalam menjadi persoalan kronis dalam pendidikan matematika di tanah air guru-guru mengalami kesulitan untuk membuat mata pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan menarik nilai yang diperoleh siswa dalam ujian relatif rendah kurangnya motivasi dan keinginan siswa terhadap mata pelajaran matematika di sekolah. Hal-hal tersebut menjadi masalah klasik dalam pendidikan matematika di negara kita. Untuk itu pemerintah juga telah berusaha menyempurnakan kurikulum yang berlaku yaitu dari pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dengan adanya KTSP diharapkan dapat lebih memantapkan orientasi student-oriented yang sedang berkembang yaitu suatu proses pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa. Salah satu pembelajaran matematika yang sesuai dengan KTSP adalah Realistic Mathematics Education (RME). Sementara itu untuk membuat mata pelajaran matematika menjadi lebih menarik dan lebih menyenangkan diperlukan suatu perangkat ajar yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Skripsi ini membahas tentang pengembangan suatu perangkat ajar berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku siswa dengan pendekatan RME sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika. Pengembangan perangkat ajar ini melalui tiga tahapan pokok yaitu tahap analisis situasi awal tahap pengembangan perangkat ajar dan tahap penulisan perangkat ajar. Kegiatan yang dilakukan pada tahap analisis situasi awal adalah analisis kebutuhan melalui kajian silabus. Pada tahap ini ditetapkan materi yang dikembangkan adalah Teorema Pythagoras. Kegiatan yang dilakukan pada tahap pengembangan perangkat ajar adalah penetapan sasaran kegiatan pengembangan isi pembelajaran dan kegiatan belajar serta penetapan alokasi waktu. Untuk tahap selanjutnya dihasilkan perangkat ajar berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku siswa. Untuk menguji kelayakan perangkat ajar dilakukan validasi isi oleh para ahli materi dan ahli siswa dengan cara mengisi angket. Para ahli materi tersebut terdiri dari beberapa dosen pendidikan matematika sedangkan ahli siswa adalah guru-guru bidang studi matematika Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa produk dari pengembangan perangkat ajar yang dihasilkan berupa buku siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil valid. Dengan mempertimbangkan kritik saran dan komentar dari para ahli materi dan ahli siswa penulis melakukan revisi untuk kesempurnaan perangkat ajar. Penulis berharap agar produk dari pengembangan perangkat ajar ini dapat diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui tingkat keefektifannya di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16765

Actions (login required)

View Item View Item