Model matematika untuk konsentrasi pencemaran air sungai dalam keadaan tak setimbang / Arista Chitrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Model matematika untuk konsentrasi pencemaran air sungai dalam keadaan tak setimbang / Arista Chitrawati

Arista Chitrawati (2009) Model matematika untuk konsentrasi pencemaran air sungai dalam keadaan tak setimbang / Arista Chitrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu penerapan matematika dibidang lingkungan adalah memodelkan masalah pencemaran air sungai. Hal yang sangat penting pada zat pencemar adalah konsentrasi zat pencemarnya. Dinamika perubahan konsentrasi zat pencemar dapat dikaji dengan menggunakan pemodelan matematika. Model matematika untuk konsentrasi zat pencemar menggunakan beberapa asumsi yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa matematika. Model tersebut sangat dipengaruhi oleh koefisien difusi (D) kecepatan (V) dan kekuatan dari source/sink ( ) sehingga diperoleh model matematika untuk konsentrasi pencemaran air sungai dalam keadaan tak setimbang yaitu dengan (konsentrasi zat pencemar) (kecepatan arus sungai) (koefisien difusi) dan (sumber zat pencemar). Untuk menyelesaikan model matematika diasumsikan . Dalam mencari selesaian model matematika tersebut terlebih dahulu dilakukan transformasi agar menjadi persamaan difusi tanpa dipengaruhi oleh kecepatan arus sungai. Penyelesaian model matematika tersebut menggunakan kondisi batas tipe Campuran. Selesaian yang didapat untuk kondisi batas tipe Campuran berupa deret fourier sinus. Dinamika perubahan konsentrasi zat pencemar pada kondisi batas tipe Campuran dipengaruhi faktor koefisien difusi dan kecepatan arus sungai. Jika kecepatan tetap dan tingkat difusi semakin lama semakin besar maka penumpukan konsentrasi dan perubahan konsentrasi zat pencemar pada sungai lebih cepat. Begitu juga hal itu terjadi jika tingkat difusi tetap dan kecepatan semakin lama semakin besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16751

Actions (login required)

View Item View Item