Imroatul Kosia (2009) Efektifitas pembelajaran kooperatif model STAD dikombinasikan dengan model TGT pada pokok bahasan limit fungsi di SMA Negeri 1 Singosari Malang / Imroatul Kosia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan pondasi utama dalam mengelola mencetak dan meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan berwawasan yang diharapkan mampu untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk meningkatkan kualiutas pendidikan adalah pengembangan strategi pembelajaran yang membawa siswa aktifdalam belajar. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran kooperatuf STAD dan TGT. Penelitian ini diadakan di SMAN 1 Singosari Malang. Hal ini dikarenakan sekolah tersebut belum menerapkan pem belajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif STAD dikombinasikan dengan TGT digunakan oleg peneliti untuk memberikan variasi baru bagi pembelajaran Matematika di SMAN 1 Singosari Malang. Sedangkan pemilihan materi limit fungsi didasarkan pada hasil wawancara guru bahwa banyak dutemukan siswa yang masih kesulitan dalam menguasau konsep limit. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif STAD dikombinasikan dengan TGT serta melihat efektifitas pembelajaran tersebut terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Singosari Malang kelas 2. Proses pembelajaran dimulai dengan penyajian materi dan dulanjutkan dengan kuis pada pembelajaran model STAD sedangkan pada Pembelajaran TGT siswa melakukan turnamen dan dilanjutkan dengan penghargaan kelompok. Keberhasilan individu berpengaruh terhadap keberhasilan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 65 adalah 89.19% dengan rata-rata skor tes akhir 81.38. Menurut kriteria keefektifan pembelajaran dikatakan efektif jika sekurang-kurangnya 85% siswa mendapatkan nilai minimal 65 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam penelitian ini efektif. Hal ini diperkuat dengan hasik observasi aktivitas guru dan aktifitas siswa yang dikategorikan baik serta hasil wawancara dan angket respon siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa memberikan respon posutuf tergadap pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16744 |
Actions (login required)
View Item |