Pengelolaan check list kebiasaan belajar melalui aplikasi saftware untuk pelayanan bimbingan dan konseling di SMA/SMK/MA / Rachmad Agung Basuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan check list kebiasaan belajar melalui aplikasi saftware untuk pelayanan bimbingan dan konseling di SMA/SMK/MA / Rachmad Agung Basuki

Basuki, Rachmad Agung (2009) Pengelolaan check list kebiasaan belajar melalui aplikasi saftware untuk pelayanan bimbingan dan konseling di SMA/SMK/MA / Rachmad Agung Basuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basuki Rachmad Agung. 2009. Pengelolaan Check List Kebiasaan Belajar Melalui Aplikasi Software untuk Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci Check List Kebiasaan Belajar Software Bimbingan dan Konseling. Teknologi informasi yang didukung oleh teknologi komputer semakin lama semakin diperlukan dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini teknologi komputer mengambil peranan aktif dalam dunia pendidikan yaitu guna membantu pengelolaan data dalam layanan bimbingan konseling terutama check list data. Dengan demikian jika dikaitan dengan sistem komputerisasi tersebut kinerja konselor akan dipermudah dan lebih efektif lagi. Sehingga dalam perkembangannya konselor dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi. Selama ini check list kebiasaan belajar masih dianalisis secara manual dan belum adanya software untuk mempermudah pengelolaan check list kebiasaan belajar. Menyikapi kondisi ini penulis menggunakan model pengembangan Software Life Cycle/e-learning (Leman 1998). Model pengembangan software adalah model yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk software. Model (rancangan) pengembangan software tersebut dapat memfasilitasi konselor dalam menangani bidang perkerjaannya tersebut. Kinerja yang dilakukan secara manual tersebut dipermudah dalam bentuk Pengelolaan check list kebiasaan belajar melalui aplikasi software. Dalam merancang aplikasi software layanan bimbingan konseling tersebut haruslah dimengerti terlebih dahulu tentang tahapan tahapan penggunaannya secara sistematis. Dimulai dari membuka tampilan indeks / halaman utama software kemudian peserta mengisi input data peserta input data admin dan input data masalah. Pengisian software tersebut diharapkan dilakukan oleh peserta sendiri dengan sejujur jujurnya. Sehingga pada akhir tahap laporan konselor dapat mengevaluasi dan memberikan solusi bagi peserta melalui software check list kebiasaan belajar. Penilitian kelayakan penggunaan aplikasi software ini telah dilakukan sehingga ditemukan hasil yang optimal. Hasil tersebut dapat diamati dengan adanya penghematan media check list kebiasaan belajar yang biasanya membutuhkan arsip (data) dengan berlembar lembar kertas namun dengan adanya software ini kebiasaan pengarsipan yang manual tersebut dapat dihindarkan. Selain itu aplikasi software ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan data yang telah diisi sehingga menghasilkan data yang lebih efisien. Untuk saran pemanfaatan sebaiknya produk ini dipakai untuk sekolah menengah tingkat atas dan untuk pemakaian tingkatan selain sekolah menengah tingkat atas tersebut perlu sebuah penyesuain. Untuk diseminasi (penyebaran) produk ini sebaiknya dilakukan pada lingkup sekolah yang sudah memakai sistem komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item