Pengembangan modul bangun ruang dengan model learning cycle-5E untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Gambiran / Nelita Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bangun ruang dengan model learning cycle-5E untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Gambiran / Nelita Tri Wulandari

Nelita Tri (2011) Pengembangan modul bangun ruang dengan model learning cycle-5E untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Gambiran / Nelita Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul bangun ruang learning cycle-5e. Sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Indonesia yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum berorientasi pada siswa. Hal ini sesuai dengan pembelajaran konstruktivistik dalam kegiatan pembelajarannya siswa yang lebih aktif dalam menemukan konsep materi yang dipelajari. Salah satu pembelajaran konstruktivistik yang berorientasi pada siswa yaitu pembelajaran dengan modul yang dikembangkan menggunakan model learning cycle-5e. Learning cycle-5e merupakan pembelajaran konstruktivis yang memuat lima tahap yaitu engage explore explain elaborate dan evaluate. Selanjutnya materi yang disajikan dalam modul adalah bangun ruang pada pokok bahasan prisma dan limas. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan modul bangun ruang dengan model learning cycle-5e dan mengetahui hasil uji coba modul tersebut. Selanjutnya penerapan modul dengan model learning cycle-5e diharapkan dapat memudahkan siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Prosedur yang digunakan untuk mengembangkan modul didasarkan pada prosedur pengembangan modul menurut Ditjen PMPTK Depdiknas (2008). Tahap-tahap pengembangan modul yaitu (1) analisis kebutuhan modul (2) penyusunan modul (3) validasi (4) uji coba dan (5) revisi. Uji coba modul yang pertama melibatkan 2 orang dosen Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang dan 2 orang guru matematika SMP Negeri 2 Gambiran Banyuwangi. Selanjutnya uji coba modul yang kedua melibatkan 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gambiran Banyuwangi. Berdasarkan analisis data skor persentase rata-rata hasil uji coba adalah 2 57. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid. Dengan memperhatikan komentar dan saran dari validator modul yang dikembangkan telah direvisi agar modul yang dikembangkan lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16628

Actions (login required)

View Item View Item