Penerapan belajar kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X-4 SMAN I Lawang / Andini Eka Irlianti

Andini Eka (2011) Penerapan belajar kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X-4 SMAN I Lawang / Andini Eka Irlianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Think-Pair-Share, aktivitas, hasil belajar Berdasarkan wawancara dan pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap pendidik matematika kelas X-4 SMAN I Lawang, diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan pendidik masih bersifat konvensional, dan metode yang sering digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Akibatnya peserta didik hanya sekedar menerima dan cenderung menghafal materi. Peserta didik cenderung pasif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik, dan jika diberikan tugas, peserta didik biasanya hanya menunggu hasil jawaban dari peserta didik lain yang dianggap lebih pintar. Kepasifan peserta didik ini juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang menunjukkan bahwa masih banyak skor tes hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti menggunakan belajar kooperatif tipe Think-Pair-Share yang dapat mengoptimalisasikan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran serta memberikan waktu kepada peserta didik untuk berpikir dan saling membantu. Belajar kooperatif tipe Think-Pair-Share diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X-4 SMAN I Lawang. Penelitian ini dilakukan di SMAN I Lawang pada bulan Oktober hingga November 2010 yang terdiri dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-4 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 34 peserta didik. Data penelitian berupa aktivitas belajar peserta didik yang diperoleh dari observasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari skor tes pada setiap akhir siklus. Belajar kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam penelitian ini melalui tiga tahap, (1) Tahap Think, yaitu siswa diminta untuk berpikir (memahami dan mengerjakan) LKS secara individu, (2) Tahap Pair, yaitu siswa secara berpasangan mendiskusikan masalah dalam LKS, (3) Tahap Share, yaitu siswa bersama pasangannya menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat diketahui dari persentase aktivitas peserta didik sebelum tindakan sebesar 20%, kemudian meningkat hingga 48% kemudian 62% pada siklus 1 dan 74% pada siklus 2. Sedangkan untuk hasil belajar, terjadi peningkatan rata-rata skor tes peserta didik. Sebelum tindakan, rata-rata skor tes peserta didik adalah 54,84; kemudian setelah diberi tindakan, rata-rata skor tes peserta didik meningkat hingga 70,21 pada siklus 1 dan 81,73 pada siklus 2. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari sebelum diberi tindakan, yaitu 29,41% menjadi 64,71% pada siklus 1 dan 79,41% pada siklus 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16565

Actions (login required)

View Item View Item