Penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Malang materi persamaan garis lurus / Moh. Khoridatul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Malang materi persamaan garis lurus / Moh. Khoridatul Huda

Moh. Khoridatul (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Malang materi persamaan garis lurus / Moh. Khoridatul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok Pemecahan Masalah Matematika Persamaan Garis Lurus Selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 4 Malang peneliti mendapatkan informasi bahwa proses pembelajaran matematika di kelas masih didominasi guru. Guru menjelaskan materi memberikan contoh soal dan penyelesaiannya dan memberi siswa latihan soal. Oleh karena itu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-E SMP N 4 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Malang materi Persamaan Garis Lurus. Langkah pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-E SMP N 4 Malang materi persamaan garis lurus meliputi siswa berkelompok sesuai dengan kesamaan minat pada suatu topik bahasan diskusi kelompok dengan pemberian tambahan nilai bagi kelompok paling aktif presentasi hasil diskusi oleh dua wakil kelompok yang ditunjuk kelompok lain dan diskusi kelas dengan guru hanya sebagai pendamping. Pembelajaran koopearatif tipe investigasi kelompok ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang meliputi aspek kemampuan menjalin kerja sama kemampuan menuliskan permasalahan dalam bentuk yang mudah dipahami dan kemampuan menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut dapat diketahui dari peningkatan nilai tes siswa yaitu sebesar 69 44% dari jumlah siswa dan peningkatan keaktifan siswa pada aspek bekerja sama memecahkan masalah memberikan pendapat apabila ada teman sekelompok yang belum mengerti menyelesaikan perbedaan pendapat dan berkomunikasi dengan teman dan guru selama proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item