Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran RME untuk siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga / Nur Aini Lathifah Habibi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran RME untuk siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga / Nur Aini Lathifah Habibi

Nur Aini Lathifah (2011) Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran RME untuk siswa kelas VII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga / Nur Aini Lathifah Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci RME komik matematika keliling dan luas segitiga. Penyampaian pokok bahasan luas dan keliling segitiga umumnya bersifat abstrak dan kurang menarik sehingga siswa kurang tertarik dan mengalami kesulitan untuk memahaminya. Salah satu alternatif untuk mengatasi kendala tersebut adalah penyampaian soal tentang luas dan keliling segitiga melalui komik matematika yang berbasis RME. Pesan yang berupa permasalahan dalam kehidupan sehari-hari disampaikan dalam komik biasanya jelas runtut dan menyenangkan sehingga siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari dan menyelesaikan permasalahan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan media pembelajaran RME dengan pokok bahasan luas dan keliling segitiga dengan menggunakan komik matematika. Komik Matematika dikembangkan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam pembelajaran RME pada pokok bahasan luas dan keliling segitiga. Masalah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan materi luas dan keliling segitiga disajikan dalam bentuk gambar dan dialog-dialog pada komik untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Prosedur dalam pengembangan komik terdiri menjadi tiga tahap yaitu (1) tahap pra produksi (2) produksi dan (3) pasca produksi. Tahap pra produksi yaitu identifikasi kebutuhan merumuskan tujuan instruksional mengembangkan materi dan menyusun petunjuk pemanfaatan. Tahap produksi yaitu merupakan tahap pembuatan komik mulai dari menentukan ide cerita hingga pencetakan. Tahap pasca produksi yaitu tahap validasi dan uji coba. Komik matematika telah divalidasi oleh 2 dosen Matematika Universitas Negeri Malang dan 2 guru matematika SMP. Uji coba melibatkan 5 siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Hasil yang didapatkan dari data angket validasi oleh para ahli tentang kualitas komik sebesar 83 03% dan dinyatakan valid dan tidak perlu revisi.Sedangkan hasil keseluruhan yang didapatkan dari data angket validasi oleh ahli tentang peranan komik sebagai media pembelajaran RME sebesar 80 35% dan dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. Hasil keseluruhan yang didapatkan dari data angket audiensi/siswa tentang kualitas komik sebesar 94 28% dan dinyatakan valid sedangkan Hasil keseluruhan yang didapatkan dari data angket audiensi/siswa tentang peranan komik sebagai media pembelajaran RME sebesar 97 5% dan dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. Melalui angket ini diketahui bahwa media pembelajaran ini dapat menarik minat siswa untuk mengerjakan permasalahan luas dan keliling segitiga dalam bentuk komik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item