Penerapan pembelajaran dengan media pohon matematika untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas V SDN Ploso I Kabupaten Pacitan / Sherly Candra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan media pohon matematika untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas V SDN Ploso I Kabupaten Pacitan / Sherly Candra Dewi

Sherly Candra (2011) Penerapan pembelajaran dengan media pohon matematika untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas V SDN Ploso I Kabupaten Pacitan / Sherly Candra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pohon matematika motivasi belajar prestasi belajar Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SDN Ploso I Pacitan diketahui bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru siswa cenderung pasif gaduh dan tidak berkonsentrasi terhadap penjelasan yang diberikan guru. Hal ini berakibat sebagian siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Selain itu diperoleh data pada materi sebelumnya bahwa prestasi belajar matematika siswa tergolong rendah karena hanya 45 % dari 35 siswa yang tuntas belajar. Untuk itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif menarik dan mampu mengkonstruksi pengetahuannya. Alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa diantaranya dengan menggunakan media pohon matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ploso I Pacitan dengan subjek siswa kelas VA yang berjumlah 35 siswa. Materi yang diajarkan operasi hitung campuran bilangan bulat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar lembar observasi motivasi belajar siswa dan tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan media pohon matematika yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika. Pembelajaran dengan media matematika terdiri dari 4 langkah yaitu 1) penyajian materi 2) latihan mengajukan soal 3) merancang pohon matematika dan 4) evaluasi. Merancang pohon matematika dilakukan secara berkelompok sehingga siswa berdiskusi dalam menumbuhkan daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan angket motivasi sebelum tindakan persentase skor klasikal adalah 74 60% meningkat menjadi 77 58% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 79 88%. Berdasarkan lembar observasi motivasi belajar matematika pada siklus I persentase keberhasilan motivasi adalah 75 32% meningkat menjadi 84 66% pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa berdasar tes awal sebelum tindakan adalah 51 43% dengan nilai rata-rata tes 75 37 meningkat menjadi 84 29% dengan nilai rata-rata tes 82 86 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 97 14% dengan nilai rata-rata tes 84 29. Sehingga siswa kelas VA SDN Ploso I Pacitan dapat dikatakan tuntas belajar secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media pohon matematika dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VA SDN Ploso I Pacitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item View Item