analisa semiotika pierce pada poster covid-19 karya naufan noordyanto tahun 2020 / aditya nova fernanda - Repositori Universitas Negeri Malang

analisa semiotika pierce pada poster covid-19 karya naufan noordyanto tahun 2020 / aditya nova fernanda

Fernanda, Aditya Nova Fernanda (2021) analisa semiotika pierce pada poster covid-19 karya naufan noordyanto tahun 2020 / aditya nova fernanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Poster bertema Covid-19 karya Naufan Noordyanto merupakan poster yang dibuat karena dampak virus Covid-19 yang menyebabkan berbagai masalah di dunia. Poster bertema Covid-19 karya Naufan Noordyanto juga sudah dipamerkan di beberapa event/pameran di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuismakna dalam tanda yang terdapat dalam enam poster bertema Covid-19 karya Naufan Noordyanto. Penelitian ini berfokus pada tanda visual dalam poster seperti unsur budaya karakteristik unsur-unsur desain seperti tipografi ilustrasi gaya visual dan warna. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa enam poster bertema Covid-19 karya Naufan Noordyanto menginterpretasikan keadaan epidemi Covid-19 yang masih menyerang negara Tiongkok sampai dengan pandemi Covid-19 yang menyerang hampir di seluruh negara di dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Pierce dalam menganalisis menggunakan model triangle meaning yaitu representamen object dan interpretant. Poster karya Naufan Noordyanto menggambarkan kronologi dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19 yaitu awal mula kemunculan diskriminasi ras Asia tenaga medis yang dipermainkan kebijakan pemerintah kematian yang terjadi di lebih 200 negara karena Covid-19 masalah psikologis yang terjadi akibat pembatasan sosial dan keamanan masyarakat minoritas seperti tunawisma yang tidak terpenuhi keamanannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165583

Actions (login required)

View Item View Item