kajian label“ teh gelas ” dalam desain kemasan botol edisi collabs menggunakan pendekatan estetika analisis formalistik / narendra dawala utama - Repositori Universitas Negeri Malang

kajian label“ teh gelas ” dalam desain kemasan botol edisi collabs menggunakan pendekatan estetika analisis formalistik / narendra dawala utama

Utama, Narendra Dawala Utama (2021) kajian label“ teh gelas ” dalam desain kemasan botol edisi collabs menggunakan pendekatan estetika analisis formalistik / narendra dawala utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desain label kemasan dari Teh Gelas Edisi Coolabs merupakan salah satu kampanye yang lakukan oleh teh gelas sebagai wujud kepeduli terhadap industri kreatif di Indonesia. Bentuk kampanye ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama seniman di Indonesia. Melalui kampanye ini seniman menuangkan hasil karyanya berdasarkan karakter gaya dan kreatifitas dalam kemasan Teh Gelas Edisi Coolabs. Karya tersebut tentunya memiliki perbedaan antara satu kemasan dengan kemasan lain seperti dari unsur seni berupa garis bidang bentuk warna dan juga susunan. Berdasarkan hal tersebut dalam label kemasan memiliki daya tarik sehingga menimbulkan keinginantahuan kemasan yang paling indah diantara keduabelas kemasan Edisi Coolbas. Untuk memgetahui hal tersebut perlu dilakukan penelitian yang mengkaji mengenai label kemasan Teh Gelas Edisi Coolabs. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan analisis formalistik untuk mengetahu kemasan yang paling indah diantara kemasan lainnya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemasan yang paling indah di antara kemasan Edisi Coolabs yang lain. Oleh karena itu untuk mengetahui hal tersebut perlu dilakukan tahap analisis formalistik yang terdiri dari deskripsi analisis formal intepretasi dan evaluasi pada ilustrasi desain kemasan Teh Gelas Edisi Coolbas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan estetika analisis formalistik. Validasi data menggunakan metode triagulasi hasil analisis dengan membandingkan 3 data hasil analisis yang berbeda yaitu dari ahli estetika desainer kemasan dan konsumen melalui wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan melakukan pengamatan dan dokumentasi untuk memperoleh informasi dan dokumen mengenai label kemasan. Data dari penelitian ini berupa data primer yang berisi mengenai label kemasan dan data sekunder yang berisi mengenai informasi produk dan perusahaan. Analisis pada data dilakukan dengan melalui tahap seperti deskripsi analisis formal interpretasi dan evaluasi. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa setiap label kemasan Teh Gelas Edisi Coolabs memiliki nilai estetika yang berbeda hal tersebut dapat dipengaruhi oleh gaya karakteristik dan pengalaman dari setiap seniman juga ikut andil dalam proses pembuatan karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165581

Actions (login required)

View Item View Item