Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang dengan pembelajaran pemecahan masalah dan pembelajaran ekspositori / Basuki Rahmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang dengan pembelajaran pemecahan masalah dan pembelajaran ekspositori / Basuki Rahmat

Basuki (2010) Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang dengan pembelajaran pemecahan masalah dan pembelajaran ekspositori / Basuki Rahmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Pembelajaran Pemecahan Masalah dan Pembelajaran Ekspositori Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemilihan metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi. Selama ini pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru pengajar matematika di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang adalah pembelajaran ekspositori. Salah satu tujuan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kemampuan pemecahan masalah sehingga siswa diharapkan mempunyai keterampilan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran pemecahan masalah dan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu X-1 X-2 X-4 X5 dan X-6. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar pada pokok bahasan jarak dalam ruang dimensi tiga. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas 0 031 (kurang dari 0 05)yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Ratarata skor hasil belajar pada kelas kontrol adalah 55 74 dan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 62 65. Hal ini berarti hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini merupakan akibat dari perlakuan berbeda yang diberikan kepada kedua kelas yang memiliki kemampuan awal yang sama. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas X dengan pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa kelas X dengan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16557

Actions (login required)

View Item View Item