Perancangan buku interaktif "salahkah aku berbeda" sebagai edukasi body shaming untuk anak-anak / Rina Rizqi Nur' Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku interaktif "salahkah aku berbeda" sebagai edukasi body shaming untuk anak-anak / Rina Rizqi Nur' Aini

Aini, Rina Rizqi Nur' (2020) Perancangan buku interaktif "salahkah aku berbeda" sebagai edukasi body shaming untuk anak-anak / Rina Rizqi Nur' Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Body shaming saat ini belum menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia. Kesadaran masyarakat terhadap isu tersebut dinilai masih rendah. Body shaming merupakan tindakan bullying yang dilakukan oleh seseorang kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain baik sengaja atau tidak sengaja berupa mengkritik dan berkomentar tentang tampilan fisik tubuh karena tidak sesuai dengan standar di masyarakat pada umumnya hal ini dapat mengganggu psikologis anak. Berpengaruh pada rendahnya percaya diri kecintaan terhadap diri sendiri menjadi menurun dan konsep diri yang menjadi buruk akibat dari body shaming yang pernah dialami. Dampak negatifnya tidak hanya diperoleh korban pelaku body shamingpun juga memperoleh dampak atas perbuatan yang dia lakukan jika dibiarkan akan menjadi anak egois sulit menghargai orang lain sulit menerima perbedaan bentuk fisik serta menjadi seseorang yang rasis. Solusi berdasarkan fenomena body shaming karena kurangnya pemahaman kesadaran diri dan mengerti dampak yang ditimbulkan khususnya bagi anak-anak orangtua serta guru yaitu dengan merancang sebuah buku cerita menggunakan media interaktif pada buku yang dapat mengedukasi menarik minat anak menambah jangka ingatan anak dan mempermudah pemahaman pesan. Media yang digunakan berupa buku interaktif campuran yang dapat menambah imajinasi serta kepekaan diri melalui lebih dari satu jenis interaktif. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari kepustakaan literatur dan data yang sudah ada. Perancang tidak langsung melakukan penelitian tetapi meneliti dan memanfaatkan data sekunder dan data visual yang sudah ada dengan pembahasan yang berkaitan dengan masalah. Menggunakan model perancangan Bruce Archers yang dibagi menjadi tiga fase yaitu fase analisis fase kreatif dan fase ekseskusi. Sistematika perancangan yaitu pra produksi produksi dan pasca produksi dengan menggunakan analisis SWOT. Perancangan ini menghasilkan buku interaktif tentang body shaming sebagai edukasi untuk anak-anak berjudul Salahkah Aku Berbeda serta beberapa karakter salah satunya Wulan sebagai tokoh utama dan menjadi identitas buku dan menjadi pembeda dari buku-buku yang pernah ada sesuai dengan gaya gambar dari perancang yaitu gaya vector memperhatikan detail gelap terang dan pencahayaan sehingga gambar lebih hidup. Selain itu juga merancang media pendukung berupa packaging poster x-banner pembatas buku tas serut enamel pin dan Instagram sebagai media informasi dan pengenalan buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2020 04:29
Last Modified: 10 Apr 2023 07:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165541

Actions (login required)

View Item View Item