Perancangan board game “Cosmos saga” sebagai media untuk mengenal ilmu astronomi / Dian Susvianti Zaen - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan board game “Cosmos saga” sebagai media untuk mengenal ilmu astronomi / Dian Susvianti Zaen

Zaen, Dian Susvianti (2018) Perancangan board game “Cosmos saga” sebagai media untuk mengenal ilmu astronomi / Dian Susvianti Zaen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Zaen Dian Susvianti. 2017 . Perancangan Board Game Cosmos Saga Sebagai Media untuk Memperkenalkan Ilmu Astronomi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn (II) Mitra Istiar Wardhana S. Kom M.T Kata Kunci permainan papan astronomi rasi bintang media interaktif. Astronomi adalah ilmu alam yang mempelajari benda-benda langit termasuk di dalamnya mempelajari aspek fisika kimia biologi dan juga evolusi dari benda-benda tersebut. Keindahan ini pulalah yang membawa sebagian besar penyuka astronomi untuk tertarik mendalami lebih lanjut bidang yang satu ini lewat pendidikan tinggi di jurusan Astronomi. Di Indonesia sendiri ilmu astronomi masih sedikit peminat kesimpulan ini dapat dilihat dari banyaknya perguruan tinggi hanya satu perguruan tinggi yang menyediakan jurusan astronomi yaitu di ITB. Perancangan board game ini dipilih sebagai media edukasi yang sesuai dilihat dari aspek proses tumbuh kembang anak melalui kegiatan yang bermanfaat dan edukatif. Dalam perancangan ini pola perancangan yang digunakan adalah perancangan Isac kerlow dan Adichipta R Wirawan. Sistematika Perancangan board game ini akan dipaparkan dalam bentuk diagram kerja . Dalam diagram tersebut akan ditunjukan gambaran tentang urutan tahap-tahap yang dilakukan penulis untuk menemukan masalah hingga pemecahan masalah dalam bentuk desain board game. Tahapan-tahapan dalam perancangan tersebut berupa latar belakang rumusan masalah tujuan perancangan pengumpulan data analisis sintesis dan konsep perancangan yang terdiri dari pra produksi produksi dan pasca produksi. Konsep dalam penciptaan board game ini tercipta dari konsep pembentukan rasi bintang yang terdiri dari susunan-susunan bintang-bintang dilangit pemain ditantang untuk dapat mengenal formasi-formasi rasi bintang dilangit dengan papan yang memiliki illustrasi langit malam permainan ini akan membuat pemain dapat membayangkan dan berimajinasi seakan akan mereka sedang merangkai formasi bintang di langit. Dari perancangan ini dihasilkan board game yang terdiri dari papan permainan hero card action card trap card pion packaging serta buku panduan. Ada pula poster pin dan kalender sebagai penunjang promosi board game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165537

Actions (login required)

View Item View Item