Modul sebagai alternatif pembelajaran dalam pembelajaran konstruktivis pada materi luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang untuk siswa SMU kelas X semester II / Kunti Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Modul sebagai alternatif pembelajaran dalam pembelajaran konstruktivis pada materi luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang untuk siswa SMU kelas X semester II / Kunti Wulandari

Kunti (2010) Modul sebagai alternatif pembelajaran dalam pembelajaran konstruktivis pada materi luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang untuk siswa SMU kelas X semester II / Kunti Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul konstruktivisme luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang. Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui pendekatan konstruktivis antara lain dengan menggunakan modul. Modul pembelajaran adalah suatu bahan pelajaran tertulis yang dapat dipelajari oleh anak dengan auto aktivitasnya mereka berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran di mana layanan dan bimbingan guru diatur sedikit mungkin. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang. Materi luas permukaan bangun ruang dan volume bangun ruang merupakan salah satu bahan kajian siswa-siswa kelas X. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah kontruktivis. Konstruktivis berpandangan bahwa belajar merupakan proses aktif dari pebelajar untuk membangun pengetahuannya. Konstruktivisme inilah yang menjadi landasan filosofis dikembangkannya kurikulum berbasis kompetensi yang lebih dikenal dengan KBK. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu sesuai dengan kurikulum 2004 bahasa yang digunakan komunikatif memiliki tampilan yang menarik kegiatan belajar bersifat konstruktivistik serta sesuai dengan kemampuan siswa. Hasil penyusunan modul ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran matematika dalam pembelajaran konstruktivis sehingga meningkatkan kemampuan kognitif siswa berdasarkan standar kompetensi Kurikulum 2004.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16547

Actions (login required)

View Item View Item