Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu / Tri Hariyati Nur Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu / Tri Hariyati Nur Indah Sari

Tri Hariyati Nur Indah (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu / Tri Hariyati Nur Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif send-a-problem. Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu sering mengalami kekeliruan mentransfer suatu masalah terutama masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kedalam pemodelan matematika. Sehingga ketika menjumpai soal aplikasi nilai maksimum dan minimum mereka tidak tahu bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Guru juga belum pernah menggunakan variasi metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang dilakukan pada pokok bahasan ini masih berpusat pada guru dan apa yang diajarkan bersifat prosedural tanpa upaya membangkitkan kepekaan siswa dalam belajar sehingga mengakibatkan hasil yang dicapai siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu dan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem . Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu adalah diawali dengan pembagian kelompok pembuatan soal dan kunci jawabannya oleh siswa pengiriman soal beserta jawaban tersebut ke kelompok lain membandingkan jawaban dengan jawaban pembuat soal dan diakhiri dengan kuis akhir tindakan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai kuis dan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Untuk siklus pertama diperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 12 12 yaitu dari 63 18 menjadi 75 3. Siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar adalah 36 36%. Sedangkan siswa yang nilainya memenuhi KKM adalah 26 siswa atau sebesar 78 78%. Pada siklus kedua diperoleh peningkatan nilai ratarata sebesar 7 88 yaitu dari dari 75 3 menjadi 83 18. Siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar adalah 75%. Sedangkan siswa yang nilainya memenuhi KKM adalah 33 siswa atau sebesar 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini maka disarankan model pembelajaran kooperatif tipe send-a-problem dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika selanjutnya. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16546

Actions (login required)

View Item View Item