Redesain logo Kampung Heritage Kayutangan Malang dan aplikasinya pada media promosi untuk meningkatkan daya tarik wisata / Sandra Indah Budiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain logo Kampung Heritage Kayutangan Malang dan aplikasinya pada media promosi untuk meningkatkan daya tarik wisata / Sandra Indah Budiono

Budiono, Sandra Indah (2020) Redesain logo Kampung Heritage Kayutangan Malang dan aplikasinya pada media promosi untuk meningkatkan daya tarik wisata / Sandra Indah Budiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiono Sandra Indah. 2020. Redesain Logo Kampung Heritage Kayutangan Malang Dan Aplikasinya Pada Media Promosi untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata. Skripsi Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pujiyanto M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn. Kata Kunci Redesain Logo Kampung Heritage Kayutangan Malang Media Promosi Kampung Heritage Kayutangan Malang merupakan salah satu kampung wisata tematik di Kota Malang dengan keunggulannya yaitu bangunan heritage khas jaman kolonial Belanda yang masih asli dan belum dipugar. Kampung ini masih berupa perkampungan tradisional yang terletak di tengah Kota Malang. Selain bangunannya pengunjung dapat belajar sejarah bangunan dan melihat koleksi barang jadul yang dipajang di depan rumah warga. Namun berdasarkan hasil observasi Kampung Heritage Kayutangan Malang ini belum memiliki identitas yang spesifik untuk diperkenalkan kepada masyarakat serta penerapannya pada media promosi kurang maksimal. Padahal kampung wisata ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi daya tarik wisata di tengah kota. Logo merupakan tanda simbol lambang atau desain yang menjadi wajah suatu barang/jasa dari suatu perusahaan/organisasi yang ebrfungsi sebagai identitas dasar yang merepresentasikan kepribadian karakter dan citra suatu perusahaan atau organisasi. Dengan adanya identitas tempat wisata yang efektif dan komunikatif maka akan membantu menunjukkan eksistensi suatu daerah dalam hal pengelolaan asset dan potensi yang dimiliki. Perancangan ini menggunakan model dan prosedur dari Sadjiman Ebdi Sanyoto yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Data perancangan yang dikumpulkan dapat berupa audio dan visual yang digolongkan menjadi data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi dan dilakukan triangulasi data untuk memperkuat keabsahannya. Kegiatan perancangan ini dimulai dari tahap identifikasi masalah hingga visualisasi desain. Perancangan ini menghasilkan media utama berupa buku GSM yang berisi pedoman dalam pengaplikasian identitas berupa logo. Juga terdapat media pendukung yaitu brosur lipat 2 lipat 3 peta Poster X-banner banner luar ruangan booklet Tshirt media online (Facebook Instagram website) calender bantal goodie bag postcard dan visual merchandise. Berdasarkan konsep dan analisis yang dilakukan perancangan redesain logo ini diharapkan dapat memberikan gambaran karakteristik dan menjadi solusi untuk meningkatkan daya tarik wisata Kampung Heritage Kayutangan Malang dengan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 02:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165454

Actions (login required)

View Item View Item