analisis poster film parasite melalui pendekatan semiotika roland barthes / atikah shobrina - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis poster film parasite melalui pendekatan semiotika roland barthes / atikah shobrina

Shobrina, Atikah Shobrina (2021) analisis poster film parasite melalui pendekatan semiotika roland barthes / atikah shobrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bong Joon Ho selaku sutradara Film Parasite menyatakan bahwa Film Parasite mengangkat isu polarisasi dan kesenjangan sosial yang terjadi di Korea Selatan dan negara lain. Sebagai poster film yang menyampaikan isi film poster Film Parasite didesain untuk dapat menyampaikan isi Film Parasite. Untuk itu artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan makna poster Film Parasite terutama pada tanda yang berkaitan dengan kesenjangan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel poster dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria poster resmi yang memiliki desain visual berbeda dan berasal dari negara yang berbeda. Berdasarkan kriteria tersebut ditentukan tiga poster Film Parasite sebagai objek penelitian. Ketiga poster tersebut adalah poster utama Film Parasite Korea Selatan versi Bahasa Indonesia poster resmi alternatif Film Parasite di Prancis dan poster resmi alternatif Film Parasite di Inggris. Analisis yang digunakan dalam mengungkapkan makna adalah analisis semiotika Roland Barthes. Pemaknaan melalui pendekatan semiotika Roland Barthes membagi pemaknaan menjadi dua tataran yakni denotatif sebagai tataran pertama konotatif dan mitos sebagai tataran kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga poster Film Parasite menunjukkan makna denotatif yang mengungkapkan informasi dasar dari cerita Film Parasite yang ingin disampaikan kepada calon penonton. Pada pemaknaan konotatif ketiga poster menunjukkan makna konotatif tentang keberadaan kesenjangan kalangan atas yang kaya dan kalangan bawah yang miskin menggunakan tanda-tanda budaya kelas masyarakat yang sesuai dengan asal negara poster dibuat. Terakhir pada pemaknaan mitos ketiga poster melahirkan mitos timbulnya bahaya apabila menaikkan level kelas sosial menggunakan cara yang tidak etis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165401

Actions (login required)

View Item View Item