Perancangan deformasi karakter 3D Wayang Topeng Malangan berbasis low poly subdivision surface model sebagai upaya penguatan konten lokal untuk industri kreatif / Moch. Heru Eriza - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan deformasi karakter 3D Wayang Topeng Malangan berbasis low poly subdivision surface model sebagai upaya penguatan konten lokal untuk industri kreatif / Moch. Heru Eriza

Eriza, Moch. Heru (2020) Perancangan deformasi karakter 3D Wayang Topeng Malangan berbasis low poly subdivision surface model sebagai upaya penguatan konten lokal untuk industri kreatif / Moch. Heru Eriza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wayang Topeng Malangan adalah warisan budaya nenek moyang kita. Kebudayaan dan Kesenian warisan nenek moyang kita haruslah kita lestarikan. Cara kita untuk melestarikan budaya itu pun harus mengikuti perkembangan zaman. Tujuan perancangan ini adalah untuk lebih mengenalkan budaya budaya asli Indonesia terutama Wayang Topeng Malangan ini kepada masyarakat Indonesia terutama para remaja dengan menggunakan media karakter 3d ini. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode development research dari Borg WR Gall MD. Karakter 3d nantinya akan dibuat dengan menggunakan teknik low poly subdivision surface yaitu teknik yang menggunakan jumlah poly seminim mungkin tapi tetap mempertahankan detail dari karakter. Berdasarkan hasil analisis data yang penulis kumpulkan terdapat 2 poin penting diantara-Nya 1) dari ke76 karakter wayang topeng malangan dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu antagonis dan protagonis yang kemudian diambil 4 sampel dari tiap kategori tersebut. Delapan tokoh tersebut diantara-Nya adalah Patih Kollo Dinemprang Panji Amiseno Dewi Sekartaji Dewi Walangwati Bapang jaya Sentika Panji Lembu Amijaya Patih Kollo Memreng dan Lembu Sura. 2) Deformasi karakter dari tokoh wayang topeng malangan dilakukan karena bentuk topeng tidak serta merta mewakili bentuk wajah dari tokoh wayang topeng malangan melainkan lebih menunjukkan sifat dan karakteristik dari tokoh tersebut. Perancangan dimulai dengan membuat sketsa pembuatan model 3d basic test dari model 3d media revision dan finalization 3d model. Hasil dari perancangan ini adalah 8 karakter 3d dari wayang topeng malangan dan beberapa media lain. Adapun media lain yang dibuat adalah totebag poster media sosial atau desain untuk post instagram stiker kaos digital 3d showcase dan gantungan kunci. Media lain ini ditujukan sebagai contoh kegunaan dari karakter 3d yang telah dibuat dari tokoh wayang topeng malangan tersebut. Berdasarkan hasil perancangan dan angket yang penulis sebarkan penggunaan media karakter 3d ini memanglah tepat. Apalagi dengan pandangan positif yang diberikan pada angket yang penulis sebarkan. Ditambah dengan banyaknya keluaran yang bisa dihasilkan dari karakter 3d ini seperti animasi ilustrasi game maupun digunakan dalam AR. Hasil tersebut tentunya menambah nilai positif dari penggunaan media karakter 3d ini sebagai media untuk mengenalkan Wayang Topeng Malangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165393

Actions (login required)

View Item View Item