Romli, Azkia Ivana (2019) Perancangan buku cerita bergambar mengenai perjuangan Patih Gajah Mada dari Majapahit dalam menyatukan Nusantara / Azkia Ivana Romli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Romli Azkia Ivana. 2019. Perancangan Buku Cerita Bergambar Mengenai Perjuangan Patih Gajah Mada Dari Majapahit Dalam Menyatukan Nusantara. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch Abdul Rohman S.Sn. M.Sn. (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn. M.Sn. Kata Kunci Cerita Bergambar Generasi Muda Sejarah Gajah Mada Majapahit. Dewasa ini banyak sekali masyarakat yang tidak tertarik dengan sejarah. Kurangnya variasi media dan kurangnya minat terhadap media sejarah yang ada turut memberikan alasan bagi masyarakat untuk tidak terlalu menyukai sejarah. Patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit adalah tokoh sejarah paling fenomenal yang mampu membuat Nusantara bersatu di bawah kerajaan Majapahit setelah sumpah palapanya. Hampir semua orang di Indonesia mengenal siapa itu Gajah Mada namun tidak banyak yang mengetahui detail perjuangan patih Gajah Mada. Ini dikarenakan kurangnya media yang informatif dan menarik untuk menceritakan sejarah tersebut. Perancangan buku cerita bergambar ini bertujuan untuk memberikan media yang informatif dalam pembelajaran sejarah. Media cerita bergambar dipilih karena media tersebut cukup simpel dan gampang dipahami. Serta kecenderungan manusia yang bisa mengingat media yang mengutamakan kesan pengindraan dengan lebih baik dibandingkan sebuah ingatan yang berkesan mengandung pengertian. Perancangan ini menggunakan metode yang merujuk pada skema sistematika perancangan yang dikembangkan oleh Bruce Archer dalam buku How Do You Design A Compendium Model oleh Dubberly. Archer meringkaskan proses ini dengan membagi menjadi tiga fase yaitu analisis kreatif dan pelaksanaan. Perancangan ini menghasilkan buku cerita bergambar mengenai sejarah dengan judul Gajah Mada Perjuangan dalam Menyatukan Nusantara . Seperti judulnya buku cerita bergambar ini menceritakan mengenai kisah patih Gajah Mada saat menyatukan Nusantara di bawah bendera Majapahit dengan lebih detail. Gambarnya dibuat menggunakan teknik digital illustration yang dikerjakan di aplikasi Adobe Photoshop. Kemudian disusun menggunakan software grafis bernama Adobe Illustrator. Buku cerita bergambar berisi 28 halaman dicetak dengan teknik cetak digital dan dijilid hard cover. Media tambahan dalam buku cerita bergambar meliputi papan permainan sederhana ular tangga yang dimodifikasi agar tidak melenceng dari tema yang diangkat dari buku cerita bergambar brosur poster perlengkapan game lain serta stiker. Diharapkan dengan perancangan cerita bergambar tersebut masyarakat bisa mulai menyukai sejarah dan memahami sejarah dengan lebih mudah. Selain itu visualisasi yang disajikan juga bisa memberikan pemahaman mengenai budaya macam apa yang terjadi di zaman itu tanpa harus membaca teks. SUMMARY Romli Azkia Ivana. 2019. Designing illustration s story book about Patih Gajah Mada s battle from Majapahit in uniting Nusantara. Thesis Art and Design Major Faculty of Literature State University of Malang. Advisor (I) Moch Abdul Rohman S.Sn. M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn. M.Sn. Keywords Illustration s story Young Generation History Gajah Mada Majapahit. In this era lots of Indonesian people are not interest in their history. Less media variation and less interest in history s media that exist is one of the reason why people are not really into history. Patih Gajah Mada from Kingdom of Majapahit is the most famous figure in history that can unite Nusantara under kingdom of Majapahit after his oath palapa. Almost every people in Indonesia know who is Gajah Mada but rarely know his struggle in detail. It is because lots of media are not informative enough to tell those stories. The Designing of illustration s story book has a purpose to give more informative media for learning history. The writer pick this media because that media is a simple media understood by everyone. This is because human s tendency in remembering media specialized in senses impression is better than remembering a memory in logic s impression. This design is using methods which refer to design systematics scheme developed by Bruce Archer in the book How Do You Design A Compendium Model written by Dubberly. Archer summarize this process by dividing it in three phase which is Analytical Creative and Executive. The outcome of this design is illustration s story book about history with the title Gajah Mada Battle in Uniting Nusantara . As seen in the title this illustration s book is telling the story about Patih Gajah Mada in uniting Nusantara under the flag of Majapahit in better detail. The illustration were made using digital illustration s technique made in Adobe Photoshop s application. Then it is arranged in the software graphic named Adobe Illustrator. This illustration s story book contain 28 pages print in digital printing technique and binding in hard cover. This book contain other media such as simple board game snake and ladder which has been modified so it will still have the same vibes from the illustration s story book brochure poster game set and sticker. Hopefully with this illustration s story book design people will start liking history and understanding history easier than it was. Besides the visual serve in this book can give an understanding about what kind of culture is happening in that era without the need to search it in text.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/165169 |
Actions (login required)
View Item |