Perancangan film dokumenter "Jaranan Bumi Panji" Kabupaten Kediri / Robby Ainu Fikry - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film dokumenter "Jaranan Bumi Panji" Kabupaten Kediri / Robby Ainu Fikry

Fikry, Robby Ainu (2019) Perancangan film dokumenter "Jaranan Bumi Panji" Kabupaten Kediri / Robby Ainu Fikry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ainu Fikry Robby. 2018. Perancangan Film Dokumenter Jaranan Bumi Panji Kabupaten Kediri . Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pujiyanto M.Sn. (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci Film Dokumenter Kesenian Jaranan Jaranan Bumi Panji Kediri. Kurangnya media informasi mengenai kesenian jaranan dapat berpeluang hadirnya kondisi dimana seni budaya tersebut akan ditinggalkan perancangan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Media yang efektif untuk menjangkau masyarakat luas saat ini adalah film dokumenter. Film Dokumenter merupakan wujud visualisasi dari suatu kejadian nyata ataupun mengandung unsur realitas yang kuat. Keunggulan media film dokumenter adalah semakin mempermudah target audience untuk menangkap keseluruhan pesan yang ada di dalamnya melalui dua indra yaitu indra penglihatan dan indra pendengaran. Media yang dihasilkan melalui perancangan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pembuat film untuk perancangan film dokumenter kesenian Jaranan yang selanjutnya. Model perancangan film dokumenter Jaranan Bumi Panji ini menggunakan model perancangan prosedural. Model perancangan ini diawali dari penulisan latar belakang masalah setelah itu dilakukan pencarian data primer dan sekunder melalui wawancara dan observasi kemudian dilakukan pendalaman data melalui analisis lalu dicari kesimpulan data melalui sintesis garis besar perancangan yang sudah didapat tersebut dijadikan acuan untuk proses pembuatan karya (pra-produksi produksi pasca produksi) kemudian baru didapat desain final. Perancangan ini menghasilkan media utama berupa film dokumenter yang didalamnya memuat informasi seputar faktor yang menjadi penyebab terjaganya eksistensi kesenian Jaranan. Media utama ini dibantu dengan beberapa media lain yaitu poster film x-banner sandwich man LED display dan media sosial (youtube facebook instagram).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165168

Actions (login required)

View Item View Item