Perancangan buku batik Blimbing Malang berbasis fotografi sebagai media informasi / Alif Rahmat Yuliawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku batik Blimbing Malang berbasis fotografi sebagai media informasi / Alif Rahmat Yuliawan

Yuliawan, Alif Rahmat (2019) Perancangan buku batik Blimbing Malang berbasis fotografi sebagai media informasi / Alif Rahmat Yuliawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmat Alif Yuliawan. 2019. Perancangan buku batik blimbing malang berbasis fotografi sebagai media informasi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarwahyudi M.Sn. (2) Andhika Putra Herwanto S.Sn. M.Sn. Kata kunci Fotografi Batik Blimbing Kota Malang. Batik Blimbing Malang merupakan salah satu industri pengrajin batik yang berada di pusat kota Malang yakni di Jalan Candi Jago No. 06 Blimbing Kota Malang. Batik Blimbing Malang memproduksi 2 jenis batik yakni batik tulis dan batik cap. Tetapi pada dasarnya Batik Blimbing Malang juga memproduksi jenis batik printing. Tetapi untuk batik printing bagi Batik Blimbing Malang tidak termasuk kategori jenis batik karena proses pembuatannya tidak melalui proses pembatikan pada umumnya. Perancangan ini bertujuan untuk (1) mengatasi permasalahan dari kurangnya informasi tentang filosofi dari motif batik yang diproduksi oleh Batik Blimbing (2) menggambarkan sejarah dari Batik Blimbing Malang serta memberi informasi tentang cara pembuatan batik dan pelatihan membatik. Maka dari itu diperlukan media yang memuat informasi yang disajikan melalui buku Eksotisme Batik Blimbing Malang ini yang berisikan kumpulan informasi mengenai apa saja yang ada di dalam rumah industri Batik Blimbing Malang yang dilengkapi dengan foto dan keterangan pendukung agar lebih informatif. Metode perancangan yang digunakan adalah model prosedural. Model prosedural yang bersifat deskriptif mengikuti langkah-langkah yang menghasilkan suatu produk melalui berbagai tahap. Model perancangan mengikuti model perancangan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Perancangan ini menghasilkan buku esai fotografi yang memiliki ukuran 21 cm x 21 cm. Buku didesain berwarna hijau dan kuning emas dikarenakan untuk menambah kesan alami dan elegant. Untuk foto sendiri menggunakan jenis fotografi dokumenter dan fotografi fashion. Perancangan ini menunjukkan media promosi melalui pameran dengan media pendukung x-banner sticker brosur poster dan t-shirt. Dan media promosi online berupa Instagram dan e-book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165156

Actions (login required)

View Item View Item