Abulga, Mohamad Borneafandri (2020) Perancangan media periklanan produk perangkap hama portable CV P-Moat Indonesia untuk meningkatkan daya jual produk / Mohamad Borneafandri Abulga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Abulga Mohamad Borneafandri. 2020. Perancanga shy n Media Periklanan Produk Perangkap Hama Portable CV P-MOAT Indonesia Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Pujiyanto M.Sn (II)Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn Kata Kunci perancangan media periklanan CV. P-MOAT Indonesia CV. P-MOAT Indonesia merupakan CV yang bergerak pada bidang teknologi pertanian. Produk utamanya adalah perangkap ngengat portable P-MOAT (Portable Moth Attractor Technology) guna mengatasi permasalahan hama ngengat pada tanaman bawang merah. Produk P-MOAT merupakan produk yang tergolong masih baru di pasarnya dan belum memiliki media periklanan yang efektif sehingga daya jual produk belum maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan perancangan media periklanan. Metode yang digunakan dalam perancangan menggunakan model perancangan media periklanan Sanyoto (2006 3). Data perancangan diperoleh melalui wawancara pada pemilik CV dengan teknik wawancara terpimpin observasi dan kajian pustaka. Wawancara dan observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran jelas tentang perusahaan produk dan masalah yang dihadapi sehingga dapat diketahui jenis media periklanan yang tepat untuk client. Sementara kajian pustaka dilakukan untuk menilik perjalanan CV. Hasil kajian lapangan yang dilakukan menemukan fakta bahwa produk P-MOAT memiliki kelebihan penerapan 3 sistem perangkap sekaligus yakni lampu hormon dan lem dimana penggabungan 3 sistem perangkap ini belum pernah ada sebelumnya di pasaran. Produk P-MOAT juga telah memiliki pencapaian dalam ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa Nasional ke-31. Produk selama ini dikenalkan dan dijual melalui acara-acara sosialisasi kelompok tani bawang merah yang menggandeng Dinas Pertanian di Kota Batu Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo. Namun melalui sosialisasi tersebut pihak CV masih belum efektif dalam menyampaikan pesan-pesan periklanan guna meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk. Oleh karena itu dilakukan perancangan media periklanan dengan tujuan membuat media periklanan yang efektif untuk meyakinkan calon konsumen agar membeli dan menggunakan produk. Perancangan media periklanan berupa media utama yakni poster dan roll-up banner serta media pendukung yakni brosur Instagram website dan video YouTube. Perancangan dimulai dari proses idea layout rough sketch comprehensive design dan aplikasi. Melalui perancangan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media periklanan penting guna menyampaikan pesan periklanan perusahaan pada target audiens untuk meningkatkan daya beli produk demi keberlanjutan usaha.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/165150 |
Actions (login required)
View Item |