Perancangan komik digital untuk mahasiswa pendatang tentang bahasa Jawa di Kota Malang / Dhea Paramita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan komik digital untuk mahasiswa pendatang tentang bahasa Jawa di Kota Malang / Dhea Paramita

Paramita, Dhea (2020) Perancangan komik digital untuk mahasiswa pendatang tentang bahasa Jawa di Kota Malang / Dhea Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paramita Dhea. 2020. Perancangan Komik Digital Untuk Mahasiswa Pendatang Tentang Bahasa Jawa di Kota Malang. Malang. Skripsi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Mitra Istiar Wardhana S.Kom MT (II) Arif Sutrisno S.Sn M.Ds Kata Kunci Komik Bahasa Jawa Malang Mahasiswa Bahasa daerah adalah salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan oleh generasi mudanya. Bahasa Jawa termasuk salah satu 13 bahasa daerah dengan penutur terbanyak di Indonesia menurut International Seminar Language Maintenance and Shift 2011. Namun penutur terbanyak ini masih didominasi oleh generasi tua sehingga perlu dilestarikan dan dijaga oleh generasi muda. Menurut survei terhadap 50 orang responden mahasiswa pendatang didapati 64% nya berasal dari Jabodetabek. 58% dari semua responden mengaku tidak mampu berbahasa Jawa 30% nya hanya mampu Bahasa Jawa ngoko (akrab) dan 12% nya tidak mampu. Dengan jumlah dari mahasiswa pendatang di Kota Malang ini penting bagi mahasiswa pendatang untuk belajar memahami dan berbahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari di Kota Malang. Dengan visi dan misi Kemendikbud khususnya poin kedua tentang pengembangan bahasa dan sastra dirancanglah komik digital tentang Bahasa Jawa di Kota Malang sebagi bentuk partisipasi mahasiswa dalam bidang media dan teknologi untuk mendukung kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam perancangannya metode dasar 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan dkk. Digunakan dengan sedikit modifikasi sesuai kebutuhan perancangan komik digital ini dengan hasil data analisis menggunakan metode 5W 1H (Who What When Where Why dan How) untuk menganalisis perancangan yang akan dibuat. Komik ini dirancangan dengan judul Wados Saking Banaspati . Komik bergenre fantasy ini mengisahkan Raja seorang mahasiswa baru asal Jakarta yang melanjutkan Pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Kota Malang dengan tujuan mencari jati diri yang selama ini mengganggu kehidupannya. Konten Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari disampaikan melalui keseharian Raja dengan teman-temannya yang mengajarkan tentang Bahasa dan Kebudayaan Jawa di Kota Malang juga cerita tentang masa lalu dan kekuatan Banaspati milik Raja yang diharap menjadi salah satu daya tarik yang menghibur pembaca. Dirancang pula beberapa media pendukung untuk keperluan pemasaran komik Wados Saking Banaspati seperti poster x banner case handphone pop socket stiker digital di media sosial LINE serta stiker cetak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165145

Actions (login required)

View Item View Item