Redesign visual branding "taman wisata studi lingkungan" sebagai upaya aktivasi citra positif Kota Probolinggo / Adnan Mardiyansyah Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesign visual branding "taman wisata studi lingkungan" sebagai upaya aktivasi citra positif Kota Probolinggo / Adnan Mardiyansyah Putra

Putra, Adnan Mardiyansyah (2020) Redesign visual branding "taman wisata studi lingkungan" sebagai upaya aktivasi citra positif Kota Probolinggo / Adnan Mardiyansyah Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo merupakan tempat konservasi flora dan fauna endemik Indonesia serta pendidikan lingkungan hidup seputar kebersihan dan pengelolaan sampah. TWSL memiliki beberapa fasilitas diantaranya berupa fasilitas utama yaitu kandang hewan yang berjumlah 252 jenis fauna serta macam-macam jenis tumbuhan dan tanaman boga sebanyak 743 jenis flora. Selain itu juga terdapat fasilitas pendukung berupa fasilitas bermain anak aula perpustakaan spot foto kolam ikan kantin musholla kamar mandi dan rumah kompos. Walaupun begitu branding dari TWSL yang telah tertanam di masyarakat terdapat kekurangan yaitu kurang pedulinya terhadap visual branding wisatanya seperti tidak konsistennya penggunaan logo dan penerapan pada berbagai media yang digunakan. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya buku pedoman identitas visual sehingga dengan permasalahan tersebut perlu adanya redesign visual branding Taman Wisata Studi Lingkungan Kota Probolinggo sebagai acuan mengatur konsistensi identitas visual TWSL beserta penerapannya Proses perancangan dari visual branding Taman Wisata Studi Lingkungan Kota Probolinggo yang baru ini menggunakan model perancangan dari Alina Wheeler yang urutan prosesnya dari conducting research clarifying strategy designing identity creating touchpoints dan managing assets. Tahap awal dengan melakukan pengumpulan data dan menganalisisnya dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari data tersebut sebagai dasar dalam menemukan konsep dan ide perancangan hingga menghasilkan visual branding yang baru. Perancangan ini menghasilkan dua media yaitu media utama dan media pendukung. Media utama berupa identitas visual dari TWSL Kota Probolinggo berupa logo baru yang sesuai dengan visi dan misinya. Sedangkan media pendukungnya berupa buku pedoman identitas visual dengan media pengaplikasian dari logonya yang mencakup stationery set meliputi kartu nama kop surat amplop c4 amplop dl id card compact disk dan stampel. Terdapat juga seragam untuk kerja dan lapangan kendaraan untuk kerja dan perpustakaan keliling serta identification sign. Sedangkan kebutuhan media promosi yang digunakan diantaranya poster brosur spanduk shy x-banner tiket facebook dan instagram serta terdapat merchadise meliputi baju gantungan kunci totebag tumbler dan topi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165144

Actions (login required)

View Item View Item