Perancangan video dokumenter Wayang Krucil Malangan cerita gugurnya kebo marcuet / Ahmad Saichurrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan video dokumenter Wayang Krucil Malangan cerita gugurnya kebo marcuet / Ahmad Saichurrozi

Saichurrozi, Ahmad (2020) Perancangan video dokumenter Wayang Krucil Malangan cerita gugurnya kebo marcuet / Ahmad Saichurrozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wayang krucil Malangan berasal dari Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Wayang krucil Malangan berlokasi di dusun bernama Wiloso di bawah perbukitan gunung Katu. Suasana alam yang eksotis dan memiliki berbagai kesenian mendorong kesenian wayang krucil Malangan untuk lebih dikenal Masyarakat. Memiliki berbagai jenis karakter dalam penokohan wayang krucil Malangan serta ada karakteristik khusu yaitu dengan menggunakan kayu pule sebagai bentuk utuh dari wayang krucil. Dalam pagelaran wayang krucil Malangan hanya dimainkan dengan beberapa alat musik atau gamelan tidak selengkap wayang kulit serta menggunakan musik dengan rancak khas Malangan. Prosesi dalam paelaran wayang krucil Malangan adalah ritual kepada sespuh atau bisa kenenek moyang yang ada di Desa tersebut untuk melancarkan serta menolak bala dalam setiap pagelaran menyiapkan sesaji untuk diritualkan dalam pementasan oleh dalang Ki jain cerita yang diangakat dalam pagelaran wayang krucil Malangan dalam saat pementasan adalah gugurnya kebo marcuet yang ingin melamar Dewi Kencana Wungu selaku ratu daari kerajaan Brawijaya. Keberadaan wayang krucil Malangan masih kurang populer di masyarakat khususnya Malang hal ini menggugah penulis untuk merancang sebuah video dokumenter yang menjelaskan tentang prosesi ciri khas wayang krucil Malangan hingga keunikan yang ada pada wayang krucil Malangan. Perancangan ini dirancang dengan tujuan untuk mengenalkan prosesi wayang krucil Malangan ciri khas bentuk dan keunikan wayang krucil Malangan serta cerita dalam pagelaran wayang krucil Malangan skepada masyarakat sekitar yang belum banyak mengenal wayang krucil Malangan. Perancangan ini menggunakan rancangan prosedural dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk. Berdasarkan pengertian model diatas yaitu model yang dirancang harus dibuat dengan langkah-langkah dan bertahap. Tahapan tersebut terdiri dari tiga bagian yang lazim yaitu pra-produksi produksi dan pasca produksi. Perancangan ini menghasilkan video dokumenter yang merupakan salah satu media efektif untuk mengenalkan wayang krucil Malangan kepada masyarakat. Diharapkan dengan adanya perancangan ini masyarakat Indonesia bisa lebih menghargai dan ikut serta dalam melestarikan kesenian tradisional yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165123

Actions (login required)

View Item View Item