Perancangan buku ilustrasi “Navigating Yourself” sebagai media motivasi diri untuk mahasiswa / Novita Dwi Melati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku ilustrasi “Navigating Yourself” sebagai media motivasi diri untuk mahasiswa / Novita Dwi Melati

Melati, Novita Dwi (2020) Perancangan buku ilustrasi “Navigating Yourself” sebagai media motivasi diri untuk mahasiswa / Novita Dwi Melati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran akan pentingnya pola tidur yang cukup pada mahasiswa dirasa kurang menjadi prioritas. Waktu tidur yang kurang atau berlebihan dalam satu hari masih menjadi hal yang tidak diperhatikan oleh kebanyakan mahasiswa saat ini. Maka dari itu kebiasaan begadang pada mahasiswa sudah menjadi makanan sehari-hari. Tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya pada malam hari. Aktif dalam banyak kegiatan membuat mereka tidak memiliki waktu di siang atau sore hari untuk mengerjakan tugas. Begitu pula dengan mahasiswa akhir mereka cenderung tidak memiliki kebiasaan mengatur pola tidur secara teratur sehingga membuat mereka memiliki kondisi tubuh yang lesu malas dan tidak semangat. Hal tersebut berdampak pada menurunnya tingkat efektivitas kegiatan yang dilakukan dan berakhir dengan masa studi yang tidak dapat diselesaikan secara tepat waktu. Karena dampak tersebut media yang akan digunakan merupakan media informasi yang berguna untuk menyampaikan pesan mengenai cerita kehidupan mahasiswa yang dituangkan ke dalam sebuah karya ilustrasi serta kalimat motivasi. Maka dari itu solusi yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah merancang sebuah buku ilustrasi motivasi. Buku yang berisi tentang cerita kehidupan mahasiswa dengan keluh kesahnya dan motivasi untuk mahasiswa agar mampu bangkit dari keterpurukan khususnya motivasi untuk pola tidur yang teratur. Data dikumpulkan dari hasil wawancara kepustakaan studi literatur dan data yang sudah ada. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan berjenis Linear Design Model oleh Bruce Archers yang meliputi programming pengumpulan data analisis sintesis pengembangan dan komunikasi. Sistematika perancangan dibagi menjadi tiga proses yaitu pra produksi produksi dan pasca produksi dengan menggunakan analasis SWOT. Perancangan ini menghasilkan media utama buku ilustrasi yang berjudul Navigating Yourself dengan dilengkapi media pendukung sebagai sarana promosi yaitu poster x-banner sketchbook pembatas buku totebag enamel pin dan Istragram social media advertising.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/165122

Actions (login required)

View Item View Item