Pengembangan inventori perilaku asertif siswa SMA di Malang / Lailina Atiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori perilaku asertif siswa SMA di Malang / Lailina Atiqoh

Atiqoh, Lailina (2009) Pengembangan inventori perilaku asertif siswa SMA di Malang / Lailina Atiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku asertif sangat dibutuhkan oleh siswa SMA dalam memenuhi salah satu tugas perkembangannya dalam kehidupan sosial yaitu membina hubungan dengan orang lain. Suatu alat untuk mengetahui gambaran perilaku asertif sangat dibutuhkan konselor alat tersebut dapat berbentuk inventori. Namun kenyataan di lapangan inventori mengenai perilaku asertif belum dikembangkan. Oleh sebab itu inventori perilaku asertif ini dikembangkan. Selanjutnya di dalam pengembangan inventori perilaku asertif ini permasalahan yang lebih khusus terletak pada bagaimana tingkat validitas reliabilitas maupun norma yang digunakan. Perilaku asertif adalah suatu perilaku untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan dirasakan dan dipikirkan kepada orang lain baik itu positif maupun negatif mampu mempertahankan hak pribadi namun tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain. Inventori adalah sejumlah pernyataan yang harus dipilih dan diisi siswa sesuai dengan karakteristik dirinya. Pada inventori tidak ada jawaban benar atau salah melainkan jawaban yang sesuai dengan karakteristik individu. Inventori perilaku asertif dikembangkan menggunakan konstruk teori perilaku asertif Galassi Galassi (1977) yang mengemukakan bahwa perilaku asertif terdiri atas tiga (3) aspek perilaku yaitu pengungkapan perasaan positif afirmasi diri dan pengungkapan perasaan negatif yang dikembangakan dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall (1983). Pengembangan inventori perilaku asertif ini mempunyai tujuan untuk (1) menghasilkan inventori yang memiliki validitas memadai (2) menghasilkan inventori yang memiliki reliabilitas memadai dan (3) menetapkan norma. Inventori perilaku asertif diuji tingkat konsistensi internalnya dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dengan taraf signifikansi P

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item