Pengembangan modul self management untuk meningkatkan disiplin diri dalam menghadapi praktik kerja industri (prakerin) SMK Negeri 5 Kota Malang) / Amalia Zakia Ekasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul self management untuk meningkatkan disiplin diri dalam menghadapi praktik kerja industri (prakerin) SMK Negeri 5 Kota Malang) / Amalia Zakia Ekasari

Ekasari, Amalia Zakia (2020) Pengembangan modul self management untuk meningkatkan disiplin diri dalam menghadapi praktik kerja industri (prakerin) SMK Negeri 5 Kota Malang) / Amalia Zakia Ekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disiplin diri merupakan hal yang sangat berguna dan sangat diperlukan dalam keterampilan hidup setiap orang dan meskipun sebagian besar orang mengakui pentingnya namun sangat sedikit yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperkuat itu. Disiplin penting artinya untuk perkembangan siswa bahkan dengan disiplin anak hidup bahagia sebab dalam lingkungan yang mengajarkan disiplin kebutuhan psikologis dengan sendirinya akan terpenuhi yaitu dengan mengenal aturan-aturan anak akan merasa lebih nyaman sebab anak lebih tahu dengan pasti perbuatan mana yang harus dilakukan dan dijauhi. Penanaman disiplin bertujuan untuk memperlancar pembelajaran di sekolah dan peserta didik mampu untuk melakukan sebuah tindakan yang tertata dengan rapi aman dan terkendali sehingga menghasilkan perilaku yang baik sikap mental yang bertanggung jawab. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan modul yang dapat membantu siswa SMK meningkatkan disiplin diri dalam menghadapi prakerin melalui teknik self management untuk siswa SMK. Produk yang di hasilkan memenuhi kriteria acceptabilitas yaitu kriteria kelayakan ketepatan kebermanfaatan kemudahan dan kemenarikan untuk dipergunakan pada siswa SMK. Hasil penelitian produk pengembangan ini dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan untuk meningkatkan disiplin diri dalam menghadapi prakerin. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983) yang telah diadaptasi menjadi tiga tahap. Penilaian dari para ahli dan calon pengguna produk dilakukan menggunakan instrumen penilaian yang berbenuk rating scale. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif merupakan nilai rata-rata isi dan format modul sedangkan data kualitatif merupakan saran dari ahli dan calon pengguna produk dalam bentuk lisan maupun tulisan. Kemudian dipertimbangkan untuk menyempurnakan buku modul strategi self management untuk meningkatkan disiplin diri dalam mengikuti prakerin siswa SMK. Hasil rata-rata keseluruhan mengenai modul stratesgi self management nilai rata-rata oleh ahli materi bimbingan dan konseling adalah 2 97. Nilai rata-rata oleh ahli media pendidikan adalah 4 Nilai rata-rata oleh calon pengguna produk adalah 3 12. Hasil perhitungan secara keseluruhan dari rata-rata ahli materi bimbingan dan konseling ahli media pendidikan dan calon pengguna produk diperoleh nilai 3 3. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian keseluruhan dapat disimpulkan bahwa modul self management layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/164689

Actions (login required)

View Item View Item