Perbedaan pengelolaan diri siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler SMP Negeri I Lumajang / Jami'iyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pengelolaan diri siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler SMP Negeri I Lumajang / Jami'iyah

Jami'iyah (2009) Perbedaan pengelolaan diri siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler SMP Negeri I Lumajang / Jami'iyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengelolaan diri (self management) merupakan aktivitas yang berorientasi pada tujuan berlandaskan pada keteraturan diri dan kedisipilinan diri. Dengan pengelolaan diri individu dapat belajar atas inisiatif sendiri melaksanakan aktivitas belajar dan sosial secara berencana mencapai hasil optimal dengan rasa positif dan terhindar dari pengalaman yang merugikan. Colangelo (1991) menyebutkan bahwa istilah akselerasi menunjukkan pada pelayanan yang diberikan (service delivery) dan kurikulum yag disampaikan (curriculum delivery). Sebagai model pelayanan pengertian akselerasi model kurikulum berarti mempercepat bahan ajar yang seharusnya dikuasai oleh siswa. Program akselerasi merupakan salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak berbakat akademik (Sarwono 2004 6). Kelas reguler merupakan kelas dengan menggunakan sistem pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan secara klasikal massal kepada siswa artinya dengan tidak memberikan pengelompokan/pembedaan khusus atas dasar kemampuan prestasi akan tetapi pembagian kelas secara merata dari segi kuantitas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengelolaan diri siswa kelas akselerasi pengelolaan diri siswa kelas regular dan perbedaaan pengelolaan diri siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler SMP Negeri 1 Lumajang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi guru khususnya konselor untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling pada siswa yang sesuai dengan kebutuhan dan tugas perkembangannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII kelas akselerasi dan reguler. Pengambilan sampel dengan cara total sampling untuk kelas akselerasi yaitu sampel diambil secara keseluruhan. Adapun pengambilan sampel kelas regular dilakukan dengan cara cluster random sampling. Berdasarkan permasalahan penelitian dan tujuan penelitian rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cukup banyak (48 6%) siswa kelas akselerasi yang memiliki pengelolaan diri baik dan cukup banyak (51 4%) siswa yang memiliki pengelolaan diri sangat baik. Disamping itu cukup banyak (58 9%) siswa kelas regular yang memiliki pengelolaan diri baik dan cukup banyak (41 1%) siswa yang memiliki pengelolaan diri sangat baik. Dari hasil pengujian hipotesis didapat nilai uji-t 1 391 dan p (0 168) 0 05 maka tidak terdapat perbedaan pengelolaan diri siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler di SMP Negeri 1 Lumajang. Berdarkan hasil penelitian dapat dikemukaan saran-saran sebagai berikut (1) Konselor/Guru BK diharapkan menyusun program pelayanan bimbingan dan konselng yang dapat mempertahankan pengelolaan diri siswa yang sangat baik dengan cara memelihara lingkungan belajar yang kondusif. Pada siswa yang memiliki tingkat pengelolaan diri yang baik untuk bisa ditingkatkan menjadi tingkat pengeloalan diri yang sangat baik dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang kondusif penyediaan sarana dan prasarana yang dapat mendukung dan mengembangkan potensi siswa perlakuan pendidikan yang sesuai dengan kondisi obyektif peserta didik. (2) Peneliti selanjutnya hendaknya mengadakan penelitian lebih lanjut tentang pengelolaan diri siswa dan kemungkinan faktor lain yang mempengaruhi pengelolaan diri siswa. Disamping itu hendaknya dilakukan penelitian sejenis dengan memperluas subjek dan wilayah penelitian penelitian agar tekniknya dapat di aplikasikan pada populasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item