Anggun Bangkit (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe improve pada materi sistem persmaan linear dua variabel untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIH SMP Negeri 13 Malang / Anggun Bangkit Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Palupi Anggun Bangkit. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Improve Pada Materi Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Mengetahui Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIH SMP Negeri 13 Malang. Skripsi. Program S1 Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si (2) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata kunci Penerapan Improve Keaktifan Hasil Belajar Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah peserta didik memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu perhatian dan minat dalam mempelajari matematika serta percaya diri siswa untuk memecahkan masalah matematika. Kurangnya percaya diri dan rendahnya motivasi siswa membuat mereka enggan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam pembelajaran matematika sehingga siswa tidak dapat belajar matematika secara efektif. Untuk mengatasinya diperlukan suatu perubahan dalam pembelajaran sehingga dapat memotivasi dan mendukung siswa dalam pembelajaran matematika serta pembelajaran tersebut diharapkan membuat siswa aktif dan memiliki hasil belajar yang baik pada pelajaran matematika. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe Improve. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan pembelajaran Improve serta mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIH SMP Negeri 13 Malang pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 13 Malang dengan subjek penelitian yaitu 36 siswa kelas VIIIH SMP Negeri 13 Malang tahun 2009/2010. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama pembelajaran catatan lapangan tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran Improve pada materi sistem persamaan linear dua variabel dilakukan melalui langkah-langkah berikut. (1) memperkenalkan konsep baru menyampaikan tujuan pembelajaran pemberian apersepsi pemberian motivasi pembentukan kelompok memperkenalkan konsep baru melalui penyajian materi dalam LKS. (2) pertanyaan metakognitif pertanyaan pemahaman sambungan strategi dan refleksi (3) latihan. (4) tinjauan dan pengurangan kesulitan dengan diskusi kelas. (5) perolehan pengatahuan dengan membuat kesimpulan materi serta mengisi jurnal harian dan refleksi (6) verifikasi dengan tes (7) perbaikan/pengayaan. Penerapan pembelajaran Improve menunjukkan hasil yang positif yaitu aktivitas siswa tergolong baik dan nilai tes rata-rata kelas yaitu 74 27. Selain itu siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Improve dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika karena menunjukkan hasil yang positif. Pengelolaan waktu oleh guru perlu diperhatikan dalam penerapan pembelajaran Improve.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16416 |
Actions (login required)
View Item |