Penerapan pembelajaran metode silih tanya berbantuan kartu model untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIC SMPN 1 Karang Ploso / Arry Wijayanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran metode silih tanya berbantuan kartu model untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIC SMPN 1 Karang Ploso / Arry Wijayanty

Arry (2010) Penerapan pembelajaran metode silih tanya berbantuan kartu model untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIC SMPN 1 Karang Ploso / Arry Wijayanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanty Arry. 2009. Penerapan Pembelajaran Metode Silih Tanya Berbantuan Kartu Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangploso. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. dan (II) Drs. Sudirman M.Si. Kata kunci Pembelajaran Matematika Metode Silih Tanya Kartu Model Hasil Belajar matematika Dewasa ini dimana terdapat kemajuan teknologi di berbagai sektor pastinya akan menuntut dibutuhkan generasi yang semakin hari semakin berkualitas. Untuk memperoleh generasi yang berkualitas tentunya para generasi membutuhkan pendidikan yang berkualitas pula. Pendidikan yang berkualitas salah satunya dapat diperoleh melalui proses pembelajaran di sekolah. Diharapkan dari pembelajaran disekolah para generasi dapat memperoleh ilmu dan keterampilan hidup untuk kreatif kompetitif dan kooperatif. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran dengan metode silih tanya berbantuan kartu model. Karena itu dalam penelitian ini akan dikaji pembelajaran matematika dengan metode silih tanya berbantuan kartu model. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan metode silih tanya berbantuan kartu model yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karang Ploso. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Karang Ploso dan subyek penelitianya adalah siswa kelas VIII C tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2009 dalam 2 tahap yaitu (1) tahap pra tindakan dan (2) tahap tindakan. Tahap tindakan terdiri dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karang ploso adalah diawali pembelajaran dengan ekspositori pembuatan soal dan kunci jawabannya pembentukan kelompok bermain pengumpulan kunci jawaban proses saling tanya jawab pengembalian kunci jawaban pengoreksian jawaban pemberian nilai pengumpulan hasil pekerjaan siswa perekapan nilai pengumuman pemenang dan diakhiri dengan tes akhir tindakan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor tes akhir ( siklus I adalah 65 dan siklus II adalah 76) peningkatan ketuntasan belajar siswa (pada siklus I adalah 56 25% pada siklus II adalah 90 62%) dan hasil evaluasi pelaksanaan silih tanya (pada siklus I tuntas 93 54% dan pada siklus II tuntas 96 87%). Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I masuk dalam kategori Baik dan pada siklus II masuk dalam kategori Sangat Baik dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil wawancara dari tiga siswa berkemampuan berbeda diperoleh bahwa siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan sedang senang dan memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode silih tanya. Sedangkan siswa berkemampuan rendah sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item