Hubungan self talk dengan emosi amarah siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Malang / Riris Eka Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan self talk dengan emosi amarah siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Malang / Riris Eka Savitri

Savitri, Riris Eka (2020) Hubungan self talk dengan emosi amarah siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Malang / Riris Eka Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Savitri Riris. 2020. Hubungan Self Talk dengan Emosi Amarah Siswa Kelas XI di SMK NEGERI 5 MALANG. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Irene Maya Simon M. Pd (II) Drs Djoko Budi Santoso M. Pd Kata Kunci Self Talk Emosi Amarah Saat ini fenomena yang terkait dengan remaja yang bersumber dari emosi. Hal ini memiliki beberapa faktor pendukung salah satu nya kurangnya wawasan pada remaja mengenai bagaimana mampu mengatur dan mengendalikan emosinya. Remaja mampu mendapatkan pengetahuan akan hal tersebut bisa didapatkan dimana saja baik disekolah dirumah dan juga lingkup kesehariannya. Namun salah satu yang mampu memberikan pengetahuan tentang hal tersebut yakni sekolah. Walaupun pendidikan pertama anak adalah rumah namun orangtua mempercayakan anak nya di bangku sekolah dikarenakan orangtua mempercayakan buah hatinya di sekolah. Di sekolah anak mampu mendapatkan pelajaran mengenai pengelolaan emosi yang bisa dikelola dengan teknik self talk yang berhubungan dengan emosi anak khusunya emosi amarah yang ada pada diri anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan self talk dengan emosi amarah siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Malang. Rancangan digunakan deskriptif korelasional. Penarikan sampel dengan random sampling. Populasi 8 kelas XI di SMK Negeri 5 Malang tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 229 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan distribusi frekuensi dan product moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hubungan self talk dengan emosi amarah bersifat positif yang artinya jika self talk semakin menurun maka Emosi Amarah juga akan mengalami peningkatan. Saran dari penelitian bagi konselor diharapkan konselor lebih memperhatikan akan pentingnya self talk terhadap emosi amarah siswa dan juga keterkaitan self talk dengan emosi amarah siswa. Dan juga konselor mampu bekerjasama dengan berbagai pihak seperti keluarga teman sebaya dan juga guru mata pelajaran agar lebih memperhatikan emosi-emosi yang ditampakkan oleh siswa. bagi penelitian selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/164084

Actions (login required)

View Item View Item